Senin , 31 May 2010, 07:40 WIB

Angelina Sondakh Jadi Sekretaris Fraksi Demokrat?

Rep: Antara/ Red: Budi Raharjo
M Syakir/Republika
Angelina Sondakh
Angelina Sondakh

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Tak sia-sia, Angelina Sondakh mendukung Anas Urbaningrum dalam pemilihan ketua umum Partai Demokrat di Kongres partai itu baru lalu. Mantan putri Indonesia itu dikabarkan bakal naik pangkat menjadi sekretaris fraksi Partai Demokrat di DPR.

Angelina merupakan sekretaris tim sukses Anas saat Kongres lalu. Dia diproyeksikan bakal menempati posisi sekretaris fraksi partai itu di DPR. ''Semua itu memang berangkat dari komitmen awal bahwa Anas akan fokus di partai. Sementara untuk pimpinan fraksi memang ada beberapa nama,'' ungkap Ahmad Mubarok, Ketua Tim Sukses Pemenangan Anas Urbaningrum, Ahad (30/5).

Menurut dia, pengganti Anas sebagai Ketua Fraksi Partai Demokrat di DPR, tak cuma satu calon. ''Setahu saya, selain Pak Taufik Effendy, juga ada nama Djafar Habsyah. Tetapi itu kan juga nanti akan dikonsultasikan Anas dengan Pak SBY,'' jelasnya.

Sementara itu, Angelina Sondakh dinilainya sebagai sosok paling tepat menempati kursi sekretaris fraksi. Hal itu didasarkan pernilaian atas keberhasilannya selaku sekretaris timses. ''Itu bisa saja, karena berdasarkan track record,'' katanya.

Tetapi ketika dikonfirmasi, Angelina Sondakh berusaha menghindar dengan hanya mengatakan, dirinya membantu Anas Urbaningrum ketika bertarung memperebutkan posisi Ketua Umum DPP PD periode 2010-2015, bukan karena jabatan. ''Tolong catat, Angelina Sondakh berhasil dalam tugasnya mendukung Mas Anas, tidak karena kejar jabatan. Saya dukung beliau untuk suatu idealisme membesarkan partai,'' jelasnya.

Angelina menambahkan, untuk posisi apapun di fraksi, Anas mempunyai hak prerogatif untuk menentukannya. ''Mas Anas yang paling tahu kemampuan saya bagaimana,'' ujarnya.