Ahad, 28 Maret 2010, 00:53 WIB

Ruhut: Sebanding, Andi vs Anas di Demokrat

Rep: c08/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari

JAKARTA--Anggota Komisi III DPR RI Bidang, Hukum Ruhut Sitompul, memperkirakan peluang Anas Urbaningrum dan Andi Mallarangeng untuk menududuki kursi pimpinan tertinggi di Partai Demokrat saat ini berimbang. Menurutnya, kedua politisi Demokrat ini mempunyai peta kekuatan sebanding untuk  memperebutkan posisi Ketua Umum Partai Demokrat.

"Peluang Andi dan Anas itu fifty-fifty dalam memperebutkan posisi Ketua Umum Partai Demokrat," ujar Ruhut yang juga akrab disapa sebagai Poltak si Raja Minyak dari Medan ini seusai acara diskusi "Gurita Markus", Sabtu (27/3).

Lebih lanjut, ia menuturkan kendati keduanya berada pada posisi yang berimbang. Ruhut tidak menampik kalau saat ini Andi, yang juga menjabat sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga, lebih di atas angin dibandingkan Anas. Tapi, lanjut Ruhut, bukan berarti Andi bakal dipastikan jadi Ketua Umum Partai Demokrat.

"Andi memang sedang berada di atas angin, tapi ingat, kan masih dua bulan lagi. Dalam politik itu semua bisa berubah pada last minute. Jadi, segala sesuatunya bisa terjadi pada menit akhir. Siapa tahu si Poltak Raja Minyak yan terpilih," canda Ruhut.

Ia mencontohkan kondisi serupa saat Kongres Partai Demokrat tahun 2004 silam. Dimana saat itu nama Hadi Utomo sama sekali tidak disebut-sebut sebagai calon Ketua Umum Partai Demokrat. Nyatanya, imbuh Ruhut, pada menit terakhir Hadi justru terpilih sebagai Ketua Umum Partai demokrat dengan kemenangan mutlak di tangannya.

"Ingat bung, pada kongres tahun 2004 itu Hadi Utomo sama sekali tidak disebut. Tiba-tiba pada menit terakhir dia naik atau terpilih jadi Ketua Umum Demokrat denngan menang mutlak," terang Ruhut.

Saat ditanya siapa favorit Ruhut, pria berkepala pelontos ini menjawab diplomatis, bahwa keduanya merupakan teman baiknya. Bahkan, ia mengaku akan mendatangi acara deklarasi kedua politisi Demokrat tersebut jika diundang untuk menghadiri.

"Semuanya (Andi dan Anas) kan kawan saya. Semuanya mengundang saya untuk menghadiri deklarasinya. Tentu saja, saya akan datanglah," seru Ruhut.

Yang pasti, Ruhut berpesan siapa pun yang nantinya akan menduduku kursi ketua Umum Demokrat, ia harus orang yang fokus pada partai. Tidak lupa, ia mengingatkan bagi pihak yang dinyatakan kalah harus siap menerima kekalahan tersebut. c08

TAG

Berita Terkait