Ahad 20 Mar 2011 14:00 WIB
Melancong Bareng Abah Alwi: Menelusuri Jejak Daendels

Banten, Gudangnya Orang Sakti

Rep: Agung Sasongko/ Red: Johar Arif
Melancong Bareng Abah Alwi
Melancong Bareng Abah Alwi

REPUBLIKA.CO.ID,ANYER--Banyak yang mengatakan Banten gudangnya orang sakti. Anggapan itu memang benar adanya. Namun, terdapat  banyak versi yang menceritakan asal muasal orang sakti di Banten. "Soal Banten gudangnya orang sakti memang benar, baik versi putih dan hitamnya," papar Chotbul Umam, anggota Himpunan Pariwisata Indonesia saat menjawab pertanyaan peserta acara Melancong Bareng Abah Alwi edisi ‘Menelusuri Jalan Daendels’.

Umam menjelaskan, ada versi yang mengatakan orang sakti di Banten berasal dari Banyuwangi, Jawa Timur. Mereka kemudian menurunkan ilmu baik beraliran putih atau hitam kepada masyarakat Banten. Dari situ lah mulai menyebar orang sakti di Banten. "Kebanyakan versi menyebut Bojonegara, kota dekat Cilegon merupakan tempat berdiamnya orang sakti," kata dia.

Saat disinggung ciri khas yang membedakan orang sakti Banten dan Banyuwangi, Umam mengatakan berdasarkan informasi dari berbagai versi tidak ada perbedaan lantaran mereka umumnya berasal dari guru yang sama. "Tidak ada yang membedakan. Semua tergantung masyarakat yang menggunakan jasanya. Intinya kan magisnya itu," pungkas dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement