Selasa 15 Mar 2011 22:07 WIB

Pemulihan Pascabencana Gunung Merapi Hingga 2013

REPUBLIKA.CO.ID,SLEMAN--Kebijakan Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, dalam program pemulihan pascabencana Gunung Merapi akan dilaksanakan sampai 2013. "Pelaksanaannya dimulai Januari 2011 hingga 2013, dan maksimal sampai 2014," kata Bupati Sleman Sri Purnomo, di Sleman, Selasa.

Ia mengatakan, pemerintah kabupaten telah memulai upaya pemulihan melalui rehabilitasi dan rekonstruksi pascaerupsi Merapi, dan ini memerlukan dukungan semua pihak, karena tidak mungkin dilakukan sendiri, mengingat keterbatasan sumber daya yang ada. Menurut dia, bantuan fasilitas kesehatan juga sangat diperlukan untuk memantapkan dan mempertahankan pelayanan kesehatan. "Bencana erupsi Merapi akhir 2010 telah merusak sekitar 10 gedung puskesmas pembantu dan lima puskesmas di wilayah Kecamatan Pakem, Turi, Ngemplak, dan Cangkringan," katanya.

Ia mengatakan, berbagai bantuan yang diterima Pemkab Sleman tentu akan semakin memotivasi masyarakat untuk menata kembali kehidupannya. "Selain itu, bantuan tersebut juga memudahkan kami dalam rehabilitasi dan rekonstruksi pascabencana erupsi Gunung Merapi," katanya.

Sri Purnomo mengatakan, dalam membangun kesehatan masyarakat, Pemkab Sleman memulainya dengan kebijakan menciptakan generasi yang sehat dan berkualitas sejak dini, yaitu dengan mengupayakan agar setiap bayi yang lahir di wilayah kabupaten ini selalu dalam keadaan sehat. "Agar bayi dapat lahir sehat, maka setiap ibu hamil juga harus dalam keadaan sehat, siap secara fisik dan mental," katanya.

Ia mengatakan, dalam upaya meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat, Pemkab Sleman juga telah membenahi sistem pengelolaan puskesmas. "Mulai 2011 semua puskesmas telah difungsikan sebagai Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). Sistem pengelolaan ini mampu menjaga kesinambungan kualitas pelayanan kepada masyarakat tidak terganggu oleh pergantian tahun anggaran," katanya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement