Senin, 07 Maret 2011, 21:17 WIB

Palembang dan Surabaya Ikut Lomba Kota Terbersih Asia

Rep: Maspriel Aries/ Red: Johar Arif
Sungai Musi di Palembang
Sungai Musi di Palembang

REPUBLIKA.CO.ID,PALEMBANG -- Kota Palembang bersama Surabaya akan menjadi wakil Indonesia pada ajang lomba kota terbersih tingkat Asia. Menteri Negara Lingkungan Hidup Gusti Muhammad Hatta mengatakan itu pada pembukaan Rapat Koordinasi Regional Lingkungan Hidup Sumatera, Senin (7/3).

Menurut Menteri Gusti Muhammad Hatta pada rapat koordinasi yang dihadiri Gubernur Sumatra Selatan (Sumsel) Alex Noerdin dan Walikota Palembang Eddy Santana Putra, dua kota peraih penghargaan Adipura tahun 2010 untuk kategori kota metropolitan tersebut diusulkan untuk dinilai kebersihannya di tingkat Asia.

Bagi kota Palembang, berkompetisi pada bidang kebersihan kota di tingkat internasional bukan pertama kali. Pada 2010, berpredikat sebagai kota terbersih di Indonesia, Palembang menjadi wakil Indonesia pada ajang lomba kota terbersih tingkat Asia.

Hasilnya sangat menggembirkan, Palembang menjadi kota terbersih se-Asean. Walikota Palembang Eddy Santana Putra pada 8 Oktober 2010 di Hanoi, Vietnam, menerima langsung anugerah sebagai kota terbersih atau Environmental Sustainable City (ESC) Asean untuk kategori clean land.