Rabu, 22 Zulqaidah 1435 / 17 September 2014
find us on : 
  Login |  Register

Suasana Haru Sambut Warga Aceh dari Mesir

Jumat, 04 Februari 2011, 15:16 WIB
Komentar : 0

REPUBLIKA.CO.ID,BANDA ACEH--Suasana haru menyambut kedatangan sebanyak 24 warga dan mahasiswa Aceh dari Mesir di bandara internsional Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang, Aceh Besar, Jumat. Saudah, orang tua dari Marlina, salah seorang mahasiswi Universitas Al-Azhar Kairo itu tidak dapat menyembunyikan rasa harunya ketika bertemu anaknya dalam keadaan sehat setibanya di bandara SIM tersebut.

"Ini adalah hari yang cukup mengembirakan, sebelumnya kami cemas dan khawatir keadaan Marlina ketika mendengar dan menyaksikan kekacauan di Mesir melalui televisi. Alhamdulillah, Pemerintah Pusat telah mengambil langkah cepat dengan memulangkan mereka," katanya.

Istiqamah, mahasiswi Universitas Al-Azhar Kairo lainnya mengatakan mereka merupakan gelombang pertama yang dipulangkan Kementrian Luar Negeri ke tanah air, setelah memburuknya situasi politik dan keamanan di Mesir. "Sebelumnya kami disambut dan ditampung di asrama haji Pondek Gede Jakarta Timur. Dan hari ini (Jumat,4/2), semuanya dipulangkan ke daerah masing-masing," katanya.

Ia menjelaskan, studinya sudah berakhir di Al-Azhar dan saat ini tinggal menunggu penyerahan ijazah untuk program studi strata satu (S-1) di universitas tersebut. "Kalau situasinya sudah membaik, maka kami akan kembali ke Mesir. Masyarakat di sana (Mesir) juga baik-baik dan ramahb kepada para pendatang," katanya menjelaskan.

Informasi yang diperoleh di Mesir terdapat sekitar 400 orang warga dan mahasiswa asal Aceh. "Kondisi ril disana (Mesir) adalah logistik yang mulai menipis dan WNI masih terkosentrasi di beberapa tempat serta tetap patuh terhadap arahan dari pihak KBRI," kata dia.

KBRI, katanya, telah mengimbau agar mahasiswa dan masyarakat asal Indonesia tidak keluar dari tempat penampungan atau rumah. "Kami mematuhi anjuran KBRI yang kami nilai sangat bermanfaat bagi keselamatan diri," kata Istigamah. Di bandara SIM Blang Bintang, puluhan warga dan mahasiswa asal Aceh dari Mesir itu juga disambut Asisten III Sekretaris Pemerintah Provinsi Aceh, Ridwan Hasan.

Redaktur : Krisman Purwoko
Sumber : antara
Rasulullah saw. bersabda: Janganlah engkau berdusta mengatasnamakan aku, karena sesungguhnya orang yang berdusta atas namaku, maka ia akan masuk neraka.(HR. Muslim)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Atasi Masalah Grafiti, ini Cara Kreatif Washington DC
WASHINGTON --  Kota besar seperti ibukota Amerika Serikat, Washington DC, juga menghadapi masalah graffiti karena semakin banyaknya dinding gedung dan tempat umum yang...