Rabu 26 Jan 2011 21:39 WIB

Flu Burung Diduga Merebak di Pacitan

REPUBLIKA.CO.ID,PACITAN--Wabah flu burung diduga kembali merebak di sejumlah daerah di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Kasubdin Kesehatan Hewan di Dinas Pangan dan Peternakan Pacitan, Fathur Rozi, Rabu mengatakan, saat ini telah ada dua desa yang dipastikan terjangkit virus mematikan yang biasa menyerang unggas warga.

"Informasi sementara yang kami terima dan telah ditindaklanjuti ada sekitar 150 ekor ayam milik warga di Desa Nanggungan dan Kelurahan Ploso, Kecamatan Pacitan, mati mendadak. Kasus serupa juga kami temukan di Desa Jatimalang, Kecamatan Arjosari pada waktu hampir bersamaan," katanya menegaskan.

Menurut dia, pihaknya telah melakukan kesiagaan dengan menyiapkan sejumlah vaksin dan cairan desinfektan dalam jumlah mencukupi.

Ia juga menegaskan bahwa untuk mencegah penyebaran virus yang mematikan tersebut, pihaknya kini telah berupaya melakukan penyemprotan pada kandang-kandang unggas yang disinyalir telah terinfeksi virus flu burung.

Tindakan pencegahan sekaligus penanggulangan itu dilakukan secara masif pada setiap titik konsentrasi ditemukannya kasus flu burung pada unggas warga hingga radius 100 meter lebih.

Selain itu, pengawasan terhadap ayam potong dari luar daerah juga diperketat, termasuk di wilayah penampungan dan kantong peternakan unggas.

Fathur Rozi mengakui, selama ini pemenuhan kebutuhan konsumsi daging ayam di kabupaten Pacitan masih mengandalkan pasokan dari luar daerah, seperti, Ponorogo, Tulungagung, Wonogiri, serta Solo.

"Vaksin 'Avian Influenza' (AI) disediakan gratis. Saat ini sudah ada sekitar 100 ribu dosis dari alokasi tahun 2010 yang bersumber dari pemerintah pusat via provinsi. Sedangkan disinfektanada sekitar 150 liter," katanya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement