Selasa 28 Dec 2010 02:26 WIB

Waduk Terbesar di Jateng Diancam Bom

Rep: Eko Widiyanto/ Red: Siwi Tri Puji B

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARNEGARA -- Waduk Jenderal Soedirman yang dikelola PT Indonesia Power di Kabupaten Banjarnegara, mendapat ancaman bom. Humas PT Indonesia Power unit pembangkit listri Waduk Soedirman, Gunawan, menyebutkan ancaman adanya bom diterima oleh operator telepon di kantornya, pada Senin (27/12) pukul 11.20. ''Penelepon gelap itu mengaku akan meledakkan waduk utama lima jam ke depan,'' kata Gunawan, Senin (27/12).

Berdasarkan laporan dari operator tersebut, pengelola waduk segera melaporkan ke Polsek Bawang. Dari Polsek, informasi ini langsung disampaikan ke Polres Banjarnegara yang langsung menurunkan petugasnya ke lokasi waduk. ''Saat ini, petugas Polres sedang menyisir waduk. Kabarnya, polisi juga sudah menurunkan tim jihandak untuk melakukan penyisiran,'' tambahnya.

Meski mendapat ancaman seperti ini, Gunawan mengaku, seluruh karyawan PT Indonesia Power unit pembangkit Waduk Soedirman, tidak  panik. Demikian juga, pihak aparat tidak memerintahkan warga yang berada di bawah waduk untuk mengungsi. ''Dari hasil penyisiran polisi, sejauh ini tidak ditemukan barang mencurigakan di sekitar waduk. Mudah-mudahan saja ancaman itu hanya dilakukan orang iseng,'' katanya.

Waduk Soedirman yang merupakan waduk satu waduk terbesar di Indonesia, memiliki luas area genangan air 800 ha. Waduk ini selain digunakan untuk irigasi daerah sekitar juga dimanfaatlkan sebagai penggerak tiga turbin pembangkit yang masing-masing berkapasitas 61,5 MW.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement