Kamis 23 Dec 2010 02:47 WIB

Demokrat Hakul Yakin DPR Beri Solusi Terbaik RUUK DIY

Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum
Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA--Partai Demokrat mengaku yakin jika akan muncul solusi terbaik untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi masyarakat Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta terkait Rancangan Undang-Undang Keistimewaan yang akan dibahas di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). "Saya optimistis akan ada solusi bersama yang baik saat pembahasan Rancangan Undang-Undang Keistimewaan(RUUK) Yogyakarta di parlemen untuk menetapkan format keistimewaan DIY," kata Ketua Partai Demokrat Anas Urbaningrum di Yogyakarta, Rabu (22/12).

Menurut dia, keyakinan akan adanya solusi terbaik di DPR terkait keistimewaan DIY karena mekanisme pembahasan RUUK Yogyakarta memasukkan saran dari berbagai pihak. "Mekanisme pembahasannya seperti biasanya saja, ada pansus dan juga lainnya. Bola itu kini ada di DPR yang akan dilakukan dalam forum terhormat dan resmi," katanya.

Anas menegaskan Partai Demokrat adalah partai pemerintah namun juga partai yang aspiratif. Sebagai partai pemerintah, lanjut dia, sikap Partai Demokrat terhadap keistimewaan Yogyakarta adalah sangat jelas, yaitu menghormati keistimewaan Yogyakarta tetapi juga ingin meneguhkan keistimewaan tersebut dalam sistem nasional di dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Peneguhan keistimewaan Yogyakarta tersebut juga akan didasarkan pada prinsip-prinsip demokrasi yang bervisi ke depan," kata dia.

Ia berharap pembahasan RUUK Yogyakarta dapat diselenggarakan berdasarkan prinsip-prinsip tersebut. Salah satu bentuk keistimewaan, lanjut dia, adalah pemerintahan yang bersih, cekatan, responsif, dan memiliki tradisi melayani untuk kepentingan rakyat.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement