Ahad 28 Nov 2010 04:52 WIB

Kearifan Lokal Jadi Lokomotif Belitong Timur

Rep: neni ridarineni/ Red: taufik rachman

REPUBLIKA.CO.ID,LINGGA - Puncak peringatan Festival Laskar Pelangi 2010 dihadiri Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal Ahmad Helmi Faisal Zaini yang  ditandai dengan peresmian Sekolah Dasar Laskar Pelangi di Desa Lingga, Kecamatan Gantong, Kabupaten Belitong Timur, Sabtu (27/1).    

Menurut Kepala Desa Lingga yang juga Direktur Festival Laskar Pelangi Fakhrur Rizal, Festival Laskar Pelangi yang berlangsung tanggal 1-30 November ini merupakan sebuah festival budaya yang terbesar di Belitong Timur yang terinspirasi oleh sebuah novel bernuansa budaya karya Andrea Hirata yang berjudul Laskar Pelangi. Tema festival yang baru pertama kali diselenggarakan ini adalah "Menjunjung tinggi harkat dan martabat budaya Belitong Timur".

Selanjutnya Andrea Hirata yang sebagai founder Festival Laskar Pelangi mengatakan tujuan diselenggarakan festival Laskar Pelangi bukan untuk mendatangkan sebanyak-banyaknya pengunjung, melainkan seabgai festival edukasi (pendidikan) yang pertama di Indonesia dan merupakan bagian dari pembangunan desa Lingga sebagai desa sastra pertama di Indonesia.

Karena itu kegiatannya lebih menekankan pada berbagai workshop seperti workshop fotografi oleh klub fotografi foto 135, workshop musik  yang menghadirkan Aminoto Kosim, Meda, Tjung Featuring, workshop puisi  yang menghadirkan dewan kesenian belitung Timur, Larsi de Isral, Rusyidi, Saderi, Helmi Anwar, workshop film yang menghadirkan Mira Lesmana, Riri Reza, dan lain-lain. Rencananya Festival Laskar Pelangi akan diselenggarakan lagi tahun 2012 pada saat liburan sekolah (sekitar bulan Juli) yang merupakan event tahunan.

Bupati Belitung Timur Bahuri Tjahaja Purnama mengatakan dengan Festival Laskar Pelangi ada gerakan besar dan gairah meningkatkan perekonomian masyarakat. Namun sejak booming Film Laskar Pelangi wisatawan datang ke Belitong Timur hanya sehari karena ingin melihat sekolah Laskar Pelangi dan tempat pembuatan film Laskar Pelangi, sementara para wisatawan tersebut menginap di Belitong Barat. Karena itu untuk menarik wisatawan datang ke Belitong Timur lebih lama lagi dia akan mendatangkan investor untuk membangun penginapan maupun membangun pasar wisata.

Sementara itu Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal Ahmad Helmi Faisal Zaini mengatakan pihaknya akan mendorong pembangunan Belitong Timur dengan kearifan lokal  yang sudah ditoreh oleh Andrea Hirata yang merupakan investasi yang mahal yang tidak bisa diukur dengan angka-angka. Apalagi dengan adanya semangat pemerintahan desa, bupati dan masyarakat yang tinggi ini sangat menguntungkan bagi peningkatan ekonomi masyarakat.

Festival laskar pelangi yang menekankan pada konsep budaya, pendidikan dan sastra ini juga dimeriahkan dengan berbagai kegiatan. Seperti menampilkan kuliner tradisional, bebagai bentuk seni rupa dan kerajinan dan kesenian yang didukung oleh 40 sanggar seni dan 500 seniman tidak kurang dari 45 jenis kesenian tradisional dan kontemporer.

Dan yang tidak kalah menariknya adalah karnaval yang diikuti oleh siswa SDN 12, 13, 14 dan 15 di kecamatan Gantong dengan menampilkan rumah adat asli Belitong, Pengantin Belitong Asli, budaya olahraga belitong, kesenian asli Belitong (Campak). 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement