Jumat 26 Nov 2010 05:50 WIB

Harimau Sumatera Pemangsa Manusia Terjaring Perangkap

Harimau Sumatera
Harimau Sumatera

REPUBLIKA.CO.ID, TAPAKTUAN--Seekor harimau sumatera (Panthera Tigris Sumatrae) yang diduga telah memangsa manusia terjaring perangkap yang dipasang pawang dan warga di kawasan Gunung Tuan Kecamatan Tapaktuan, Kabupaten Aceh Selatan. Camat Tapaktuan, Erwiandi di Tapaktuan, Kamis, mengatakan harimau jantan yang memiliki panjang 1.90 Cm dan tinggi satu meter itu terjaring sekitar pukul 04.00 WIB.

"Harimau pemangsa Martunis (25) warga Desa Panton Luas itu diperkirakan berusia delapan tahun dan akan segera dievakuasi ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh Selatan," kata Erwiandi. Sejak tewasnya Martunis, warga desa Panton Luas, BKSDA, Yayasan Leuser Internasional (YLI) dan WCS yang dibantu pawang Syarwani Sabi (72) memasang satu perangkap untuk menangkap harimau yang diduga telah memangsa putra Marsut (47) dan Maryatun (38) pada 12 Oktober itu.

Perangkap yang terbuat dari papan tersebut dipasang di kawasan Gunung Tuan atau sekitar 1,5 kilometer arah selatan pemukiman Desa Panton Luas. "Perangkap untuk menjaring harimau pemangsa itu sudah satu bulan lebih di pasang," katanya.

Erwiandi mengatakan hingga saat ini satwa langka itu masih berada dalam perangkap akibat belum adanya kerangkeng untuk mengevakuasi ke tempat yang lebih aman.

Menurut dia, setelah harimau pemangsa itu masuk perangkap, warga Desa Panton Luas telah melaksanakan doa bersama agar terhindar dari gangguan satwa liar. Pawang harimau, Syarwani Sabi mengatakan meski harimau pemangsa telah berhasil ditangkap namun ia mengimbau warga tetap waspada dan tidak mengganggu satwa liar yang hidup di alam bebas.

sumber : Ant
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement