Rabu 10 Nov 2010 06:04 WIB

Solo Sediakan Transportasi Gratis Bagi Pengungsi Merapi

Rep: my1/ Red: Arif Supriyono

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO---Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo, Jateng akan menyiapkan transportasi gratis bagi pengungsi Merapi di wilayahnya. Dishub juga akan menggratiskan retribusi armada pengangkut para pengungsi.

“Bila pengungsi membutuhkan armada, dishub bersama Organda (Organisasi Angkutan Darat) dan kalangan pengusaha transportasi siap mengerahkan armada, seperti truk dan bus, “ ujar Kepala Dishub Solo, Yosca Herman Soedrajat di Solo, Selasa (9/11). Dia belum bisa menentukan jumlah armada untuk melayani pengungsi tersebut.

Hal ini lantaran jumlah armada akan menyesuaikan dengan jumlah pengungsi yang akan diangkut. “Berapa pun armada yang dibutuhkan akan kami siapkan,“ tegasnya.

Untuk pembebasan tarif restribusi, terlebih dahulu armada pengangkut akan didata. Ini untuk memastikan, armada tersebut digunakan sebagai angkutan pengungsi Merapi.

“Nanti saat melintas di Terminal Tirtonadi akan didata dulu sehingga kita bisa memastikan bus itu benar-benar membawa pengungsi. Kalau benar membawa, tentu kita bebaskan, untuk mengurangi beban para pengungsi,“ paparnya.

Yosca menambahkan dishub sebelumnya juga pernah mengerahkan armada untuk mengangkut korban banjir. Armada tersebut berjumlah sekitar 40 truk dan bus. “Waktu banjir lalu, kita juga mengerahkan truk dan bus di beberapa titik di Solo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement