Sabtu 06 Nov 2010 19:33 WIB

Balita Gizi Buruk Ditemukan di Lingkar Newmont

REPUBLIKA.CO.ID,SUMBAWA--Balita bergizi buruk masih ditemukan di wilayah lingkar tambang PT Newmont Nusa Tenggara selain di Kota Taliwang, Sumbawa Barat. "Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat saat ini masih menangani sedikitnya 14 kasus balita gizi buruk yang tersebar di beberapa kecamatan," kata Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Sumbawa Barat Tuwuh, di Taliwang.

Menurut dia, sejauh ini kasus tertinggi terjadi di Kecamatan Taliwang, dan sebagian lagi terdapat di wilayah lingkar tambang PT Newmont Nusa Tenggara terutama di Kecamatan Jereweh. Meski tercatat sebagai salah satu dari enam daerah terkaya di Indonesia versi data Badan Pusat Statistik (BPS) 2010, Sumbawa Barat ternyata rentan kasus gizi buruk atau kekurangan gizi. "Khusus di wilayah lingkar tambang terutama Kecamatan Jereweh, dari 920 orang balita, delapan persen di antaranya masih menderita kekurangan gizi atau gizi buruk," katanya.

Kasus ini menjadi keprihatinan semua pihak karena kurangnya kesadaran orang tua tentang pentingnya standar gizi yang baik. Faktor ini yang menjadi salah satu penyebab masih terjadinya kasus gizi buruk di daerah ini.

Selain itu, kata dia, budaya hidup tidak sehat dan kurangnya pengetahuan orang tua terhadap lingkungan sekitar juga ikut membuat kasus gizi buruk rentan terjadi. "Apalagi keluarga penderita masuk dalam kategori pra sejahtera atau miskin," katanya.

Ia mengatakan, balita yang terkena gizi buruk biasanya terlihat dari kondisi tubuh yang kurus serta berat badan tidak sesuai dengan umur. "Kami telah bentuk tim penanggulangan gizi untuk memberikan penyuluhan sadar gizi serta pengetahuan lainnya kepada masyarakat," kata Tuwuh.

sumber : ant
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement