Sabtu 06 Nov 2010 19:01 WIB

Aburizal Bakrie Ingatkan Pemerintah Serius Atasi Bencana

REPUBLIKA.CO.ID,PALEMBANG--Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie mengingatkan, pemerintah untuk benar-benar serius memberikan perhatian pada penanganan bencana alam yang terjadi di berbagai daerah di Indonesia. "Pemerintah harus dapat segera mengatasi penderitaan para korban bencana alam yang terjadi di Kepulauan Mentawai, Gunung Merapi, dan Wasior," kata Aburizal, di Palembang, Jumat (5/11) malam.

Usai menghadiri Rakernas ke-2 Pemuda/Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) di Palembang itu, Aburizal mendukung adanya operasi besar-besaran untuk mengatasi bencana alam dan menangani para korbannya.

Menurut dia, perhatian yang besar dari pemerintah pusat sangast diperlukan di daerah yang mengalami bencana alam itu, mengingat keadaan daerah bersangkutan yang umumnya tidak siap menghadapi bencana seperti itu, terutama dialami di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat.

Ia menegaskan, perlu memberikan perhatian besar terhadap bencana alam yang menimpa warga di Kepulauan Mentawai yang daerahnya sangat terpencil dan susah untuk dijangkau. Aburizal menyatakan bahwa untuk menangani korban bencana alam gempa berkekuatan 7,2 Skala Richter (SR) diikuti tsunami itu, mesti dikerahkan helikopter untuk mengevakuasi warga yang tertimpa musibah dan perlu segera mendapatkan pertolongan medis.

"Jika perlu pemerintah pusat mengerahkan 10 sampai 15 helikopter untuk dioperasikan di sana, supaya penderitaan rakyat tidak berkepanjangan. Walaupun memang akan memakan biaya besar, tetapi itu kenyataan yang harus dilakukan," ujar dia lagi.

Aburizal menyebutkan alasan, Kepulauan Mentawai merupakan daerah yang sulit untuk dijangkau lewat laut, sehingga memerlukan dukungan peralatan transportasi udara. Apalagi, lanjut dia, saat ini kondisi ombak laut cukup tinggi, sehingga tidak efektif untuk dapat menyalurkan bantuan ke sana melalui laut.

Dia juga mengingatkan agar pemerintah pusat juga dapat melihat kemampuan setiap daerah untuk menanggulangi bencana yang menimpa daerah tersebut. Menurut Aburizal, ketika pemerintah daerah tidak mampu menanggulangi bencana alam yang menimpa warga di daerahnya, pemerintah pusat harus segera mengambil alih guna bersama-sama membantu para korban bencana alam itu.

sumber : ant
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement