Rabu, 16 Jumadil Akhir 1435 / 16 April 2014
find us on : 
  Login |  Register

DPR Akhirnya Sahkan Undang-undang tentang Gerakan Pramuka

Rabu, 27 Oktober 2010, 05:53 WIB
Komentar : 0
ISTIMEWA
Pramuka
Pramuka

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--DPR akhirnya mensahkan Rancangan Undang-undang (RUU) tentang Gerakan Pramuka menjadi Undang-undang. Pembahasan RUU tentang Gerakan Pramuka ini sempat menuai kontroversi lantaran diselingi dengan kunjungan kerja anggota DPR ke Afrika Selatan. “Undang-undang Gerakan Pramuka ini menjadi dasar hukum bagi semua komponen bangsa dalam penyelenggaraan pendidikan kepramukaan," kata Ketua Komisi X DPR, Mahyuddin, dalam laporannya di sidang Paripurna DPR, Selasa (26/10).

Menurut Mahyudin, UU tentang Gerakan Pramuka ini disusun guna menghidupkan dan menggerakkan kembali semangat dan perjuangan nilai-nilai Pancasila. Mahyudin menerangkan, UU tentang Gerakan Pramuka ini mengatur beberapa substansi, diantaranya penguatan dan pengakuan terhadap organisasi gerakan pramuka dan organisasi lain penyelenggara pendidikan pramuka.

Adapun, Menteri Negara Pemuda dan Olahraga, Andi Mallarangeng, menjelaskan, UU tentang Gerakan Pramuka akan menjadi dasar hukum untuk memperkuat upaya revitalisasi Gerakan Pramuka. Sejak awal, kata Andi, Pemerintah menyambut baik RUU yang merupakan usulan inisiatif DPR tersebut. “Dengan adanya Undang-undang ini, Gerakan Pramuka menjadi memiliki payung hukum,” tambah Andi. 

Reporter : Andri Saubani
Redaktur : Siwi Tri Puji B
Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu(QS.Al-Baqarah:45)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar
  wagiman Kamis, 7 Juli 2011, 21:23
jaya terus pramuka
  harmoko Rabu, 8 Juni 2011, 14:14
tinggal bagaimana realisasinya aja, jangan berhenti ketika semangat lagi membara
  Very Scout Minggu, 23 Januari 2011, 09:55
Kami bangga menjadi anggota pramuka....., maka itu, kami bangga dengan adanya UUD Gerakan Pramuka. Salam Pramuka ......
Tetap Memandu.
  joehan pandu putra mamasa Rabu, 5 Januari 2011, 17:01
Kami Pramuka Indonesia Manusia Pancasila.. Satya Ku Ku Dharmakan, Dharma Ku Ku Bhaktikan.. UU-GP harus di perhatikan jga Oleh Bangsanya sendiri, dengan penuh keseriusan.. Salam Pramuka..!!!
  ubai dillah Senin, 13 Desember 2010, 09:58
gerakan pramuka adalah organi sasi penting dalam negara,,,ini dan sekrang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap dan kuat,,, tolong jgn ada KKN dan diskriminasi dalam tubuh Organisasi Pramuka,, salam pramuka untuk seluruh Pramuka Indonesi