Tuesday, 7 Zulqaidah 1435 / 02 September 2014
find us on : 
  Login |  Register

Aktivitas Gunung Sinabung Bisa Dipantau Lewat Internet

Thursday, 16 September 2010, 04:01 WIB
Komentar : 0
Antara
Gunung Sinabung meletus
Gunung Sinabung meletus

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN--Masyarakat kini  bisa mengikuti perkembangan aktivitas Gunung Sinabung secara visual melalui situs http://www.merapi.bgl.esdm.go.id. Dari situs ini pula dapat diketahui data-data dan informasi menyangkut perkembangan gunung berapi yang masih dinyatakan sebagai berbahaya itu.

Kendati statusnya masih dinyatakan awas, penerbangan Susi Air sudah mulai membuka kembali beberapa rute yang sempat terhenti akibat meletusnya Gunung Sinabung akhir Agustus lalu. Dari situs tersebut diperoleh laporan rangkaian aktivitas Gunung Sinabung tanggal 15 September 2010, pukul 00.00 – 06: 00 WIB yakni, cuaca terang, angin tenang dari barat, gunung jelas, asap putih kelabu tekanan lemah tinggi 20 m condong ke arah timur. Terekam 13 kali gempa vulkanik, 1 kali gempa tektonik lokal, 2 kali gempa hembusan dan tremor menerus.

Pada pukul 06.00 – 12 : 00 WIB dilaporkan cuaca terang, angin tenang dari Timur Laut, gunungapi terlihat jelas. Teramati asap putih kelabu sedang tekanan lemah dengan tinggi 60 m condong ke arah Barat. Terekam 9 kali gempa vulkanik, dan tremor menerus mulai pukul 06.09 – 12.07 WIB dengan amplituda dominan 1,5 – 3,5 mm.

Dengan kondisi ini, pihak otoritas di Kabupaten Karo masih menetapkan kondisi awas dan melarang penduduknya untuk kembali dalam radius 6 km. Para pengungsi pun masih bertahan di sejumlah tempat penampungan yang jumlahnya fluktuatif, karena sebagian ada yang kembali ke rumahnya masing-masing dan kembali ke panampungan jika ada sinyal bahaya dari pemda.


Reporter : Nian Poloan
Redaktur : Ajeng Ritzki Pitakasari
Allah melaknat orang yang menyiksa hewan dan memperlakukannya dengan sadis((HR. Bukhari))
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Normalisasi Kebijakan Fiskal AS dan Subsidi BBM Indonesia
Analis dan pelaku pasar di Amerika menunggu langkah pemerintah selanjutnya dalam menangani subsidi BBM. Investor sedang mencari kesempatan menanamkan modal, di saat bursa...