Tuesday, 21 Zulqaidah 1435 / 16 September 2014
find us on : 
  Login |  Register

Candi Prambanan Siap Terima Kunjungan Wisatawan

Wednesday, 08 September 2010, 19:49 WIB
Komentar : 0
Candi Prambanan
Candi Prambanan

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA--Candi Prambanan Ratu Boko dan Unit Teater siap menerima kunjungan wisatawan selama Lebaran Idul Fitri 1431 H. Ada berbagai atraksi tambahan yang akan ditampilkan 11-16 September seperti reog, jathilan, musik keroncong, cokekan, tokoh-tokoh dalam sendratari Ramayana, dan lain-lain.

Demikian ditandaskan Bambang Subandono, Sekretaris PT Taman Wisata Candi Prambanan, Borobudur dan Ratu Boko kepada wartawan di Yogyakarta, Selasa (7/9). Untuk memberi kesempatan kepada masyarakat PT TWC Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko buka hingga pukul 17.30.

Bambang menjelaskan Candi Prambanan mentargetkan kunjungan wisatawan selama Lebaran (H+1 hingga H+10) sebanyak 120.864 orang. Untuk wisatawan nusantara (Wisnus) sebanyak 114.966 orang dan wisawan manca negara (Wisman) 5.899 orang. Jumlah ini diprediksikan meningkat 10 persen dibandingkan dengan tahun lalu yang teralisir 109.876 orang.

Untuk mencapai target tersebut, kata Djoko, telah dilakukan berbagai persiapan. Di antaranya, perbaikan fasilitas dan penambahan arena bermain bagi anak. Juga dipersiapkan berbagai atraksi yaitu bisa foto bersama dengan tokoh Ramayana, kuda tunggang.

”Untuk memberi rasa aman kepada pengunjung, PT TWC bekerjasama dengan aparat keamanan terkait. Pengamanan dilakukan dengan sistem terbuka dan tertutup,” kata Bambang yang didampingi Kepala Unit Prambanan dan Unit Ratu Boko.

Namun untuk penambahan fasilitas ini, PT TWC menaikan harga tiket masuk. Untuk Candi Prambanan dan Borobudur sebesar Rp 28.000 untuk Wisnus Umum, anak-anak Rp 12.500. Sedangkan untuk Wisman sebesar 13 dolar Amerika Serikat dan anak-anak asing tujuh dolar AS. ”Pada hari biasa tiket masuk Prambanan Rp 15.000 pada hari biasa dan Rp 17.500 pada Sabtu dan Ahad,’’ katanya.

Sedang untuk tiket Ratu Boko sebesar Rp 15.000 bagi Wisnus umum dan anak-anak Rp 10.000. Untuk tiket terusan masuk Candi Prambanan dan Ratu Boko sebesar Rp 37.000 per orang. ’’Untuk tiket terusan disediakan kendaraan dari Prambanan menuju ke Ratu Boko,” katanya.

Sedang tiket pentas Ramayana selama Lebaran untuk kelas VIP Rp 300 ribu yang mendapatkan fasilitas softdrink, sovenir dan snak. Kelas Khusus Rp 250 ribu dengan softdrink dan sovenir, kelas I Rp 200 ribu dan softdrink, kelas II Rp 150 ribu dan softdrink.

”Pentas Ramayanan akan dilaksanakan setiap hari pada 11-16 September dengan full story. Sehingga penonton langsung dapat mengikuti jalan cerita Sendratari Ramayana dengan sekali menonton,” kata Bambang.

Reporter : Heri Purwata
Redaktur : Budi Raharjo
Demi Allah, kami tidak akan mengangkat seorang pun yang meminta sebagai pemimpin atas tugas ini dan tidak juga seorang yang berambisi memperolehnya.(HR Muslim )
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Ssttt..Nidji Tertarik Museum dan Sejarah Lho!
JAKARTA -- Grup band Nidji ternyata tertarik dengan museum dan sejarah. Nidji yang beberapa waktu lalu berkunjung ke Inggris ini menceritakan mereka kagum...