Senin 06 Sep 2010 07:14 WIB

Pemudik Diimbau Perhatikan Keselamatan

Rep: C23/ Red: Budi Raharjo
Mudik, ilustrasi
Mudik, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG--Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, mengimbau agar para pemudik yang menggunakan kendaraan, baik roda dua maupun roda empat agar memperhatikan keselamatan dan kenyamanan di jalan. Begitupun dengan pemudik yang menggunakan angkutan umum.

Di antaranya melakukan pengecekan kondisi kendaraan yang akan dipakai mudik, mempersiapkan kondisi fisik agar prima selama di jalan, cukup istirahat dan memperhatikan ketentuan dan rambu lalu-lintas. ''Semuanya itu, menurutnya agar ritual mudik lebaran merayakan Idul Fitri 1431 Hijriyah berjalan lancar, aman dan selamat,'' serunya di Bandung.

Khusus pemudik pengguna motor agar tidak melebihi muatan, baik jumlah penduduk maupun barang bawaan. Tentunya kita harapkan semua berjalan lancar dan selamat hingga balik kembali ke rumah. ''Mematuhi ketentuan dan rambu di jalan juga menjadi satu hal yang harus diperhatikan. Mudik harus berjalan dengan aman, nyaman dan lancar. Selebihnya saya ucapkan selamat mudik lebaran, dan kembali dengan sehat dan selamat,'' imbuhnya.

Ia juga mengimbau agar pemudik menitipkan keamanan rumah yang ditinggal selama mudik kepada petugas yang ditunjuk atau tetangga yang tidak mudik. Dirinya meminta kepada aparat berwajib agar memperhatikan keamanan lingkungan selama musim mudik.

Hal itu harus diperhatikan guna menghindari kondisi yang tidak kita inginkan bersama. ''Tentunya patroli lingkungan, baik oleh aparat berwajib maupun petugas yang ditunjuk harus memperhatikan keamanan selama musim mudik,'' ujarnya.

Menyambut Idul Fitri 1431 Hijriyah ini, Heryawan atas nama Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan pribadi, secara khusus dan ikhlas menyampaikan permohonan maaf lahir batin kepada seluruh lapisan masyarakat, juga selamat merayakan Idul Fitri 1431 Hijriyah, semoga kita semua mendapatkan limpahan kebaikan, rahmat dan barakah selama Ramadhan ini.

''Momentum Ramadhan kali ini semoga berhasil membentuk kepribadian yang berkarakter takwa, optimis dan maju demi mewujudkan pembangunan di Jawa Barat,'' pungkasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement