Jumat 20 Aug 2010 02:37 WIB

Kejaksaan Usut Kasus Korupsi Dana Pengamanan Pilkada Banyumas

Rep: Eko Widiyanto/ Red: Budi Raharjo
Ilustrasi
Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,PURWOKERTO--Kejaksaan Negeri Purwokerro sedang mengusut kasus dugaan korupsi dalam penyelenggaraan pemilukada Kabupaten Banyumas tahun 2008. Dana yang diduga dikorupsi adalah yang menyangkut dana pegamanan.

Karena itu, pihak yang diperiksa bukan KPU. Namun beberapa pejabat di pemerintah kabupaten, karena yang mengampu masalah pengamanan pemilukada adalah lembaga Kesbanglinmas. Dalam pengusutan kasus itu, Kejaksaan telah memeriksa beberapa pejabat. Antara lain, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Perlindungan Masyarakat (Bakesbanglinmas) Banyumas yang baru diganti Senin (16/8) lalu, Ratimin, dan juga mantan Kepala Kesbanglinmas sebelumnya, Kartiman.

Kartiman yang kini menjabat sebagai Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Banyumas, saat dikonfirmasi hal ini mengakui jika sudah dimintai keterangan pihak Kejari Purwokerto terkait kasus dugaan korupsi dana pengamanan pilkada. Namun Kartiman menolak berkomentar lebih jauh tentang materi pemeriksaan.

'''Saya dipanggil kejaksaan beberapa hari lalu, isi pemanggilan untuk dimintai klarifikasi terkait adanya laporan dugaan korupsi dana pengamanan pemilukada dan pilgub tahun 2008 lalu. Tetapi pemeriksaan pada saya belum sampai kepada subtansi perkara. Saya hanya ditanyai identitas, masa tugas di Kesbanglinmas dan sejenisnya,''' jelas Kartiman, Kamis (19/8).

Dia menyebutkan, penyidik kejaksaan kemungkinan tidak melanjutkan pemeriksaan karena dugaan korupsi dana pengamanan pemilukada tersebut, terjadi pada tahun 2008. Sementara saat itu dia sudah tidak menjabat sebagai Kepala Bakesbanglinmas, karena ditunjuk menjabat sebagai Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans). Kemudian akhir bulan Januari 2010, Kartiman dipindah menjajdi Kepala Dishubkominfo sampai sekarang.

''Jadi saya sama sekali tidak ngalami Pemilukada maupun Pilgub. Saya justru mengalami Pemilu Presiden (Pilres) saat di Bakesbanglinmas. Sebaliknya, saat pemilukada dan pilgub, saya sudah bertugas di Disnakertrans,'' katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement