Kamis, 24 Jumadil Akhir 1435 / 24 April 2014
find us on : 
  Login |  Register

Lumpur Lapindo Meluap, Jalur KA Surabaya-Malang Terancam

Minggu, 08 Agustus 2010, 07:12 WIB
Komentar : 0
Republika
Ilustrasi
Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,  SIDOARJO—Semburan lumpur panas Lapindo, Sabtu (7/8) semakin meningkat. Peningkatan tersebut mengakibatkan lumpur meluap di titik 21 Desa Jatirejo,  Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Luapan lumpur tersebut mengancam jalur rel kereta api (KA) dan jalur transortasi utama Surabaya-Malang dan wilayah Jawa Timur bagian timur lainnya, seperti jalan Raya Porong.

Semburan lumpur yang meningkat sehingga meluap dari tanggul yang ada itu membuat Badan Penangulangan Lumpur Lapindo (BPLS) sempat panik. Sejumlah petugas diturunkan untuk membendung luberan lumpur.

Para petugas itu meninggikan tanggul lumpur. Peninggian tersebut dilakukan dengan membuat tumpukan karung berisi pasir. Harapannya, agar lumpur tidak sampai meluap ke jalur rel KA dan Jalan Raya Porong.

Upaya peninggian tanggul itu sempat mendapat hambatan dari sebagian warga Siring dan Jatirejo. Mereka berupaya menghalang-halangi upaya perbaikan tanggul penahan lumpur itu. Penghadangan itu dilakukan karena warga sangat kecewa mengingat angsuran pembayaran jual beli lahan dengan PT Minarak Lapindo Jaya belum dilunasi.

Reporter : Asan Haji
Redaktur : Siwi Tri Puji B
Rasulullah SAW bersabda:"Tidak akan masuk neraka orang yang shalat sebelum terbitnya matahari dan sebelum terbenamnya, yakni shalat subuh dan ashar."( HR Muslim)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar
  WIDI Senin, 4 Oktober 2010, 03:46
Cepat atau lambat jalur ini kemungkinan akan hilang, kementrian Perhubungan sudah selayaknya mulai membuat Blueprint rencana pengalihan jalur hingga radius minimal 5km dari jalur lama.
  ryan Minggu, 8 Agustus 2010, 05:49
subhanalloh..... semoga ada rahmat atas kehendakNYA....

  VIDEO TERBARU
Tokoh Perubahan 2013, Inspirasi Indonesia
JAKARTA -- Republika menganugerahkan gelar Tokoh Perubahan 2013 kepada beberapa tokoh yang memberi inspirasi pada Indonesia. Untuk tahun ini tokoh yang mendapat gelar...