Jumat, 5 Syawwal 1435 / 01 Agustus 2014
find us on : 
  Login |  Register

Lumpur Lapindo Meluap, Jalur KA Surabaya-Malang Terancam

Minggu, 08 Agustus 2010, 07:12 WIB
Komentar : 0
Republika
Ilustrasi
Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,  SIDOARJO—Semburan lumpur panas Lapindo, Sabtu (7/8) semakin meningkat. Peningkatan tersebut mengakibatkan lumpur meluap di titik 21 Desa Jatirejo,  Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Luapan lumpur tersebut mengancam jalur rel kereta api (KA) dan jalur transortasi utama Surabaya-Malang dan wilayah Jawa Timur bagian timur lainnya, seperti jalan Raya Porong.

Semburan lumpur yang meningkat sehingga meluap dari tanggul yang ada itu membuat Badan Penangulangan Lumpur Lapindo (BPLS) sempat panik. Sejumlah petugas diturunkan untuk membendung luberan lumpur.

Para petugas itu meninggikan tanggul lumpur. Peninggian tersebut dilakukan dengan membuat tumpukan karung berisi pasir. Harapannya, agar lumpur tidak sampai meluap ke jalur rel KA dan Jalan Raya Porong.

Upaya peninggian tanggul itu sempat mendapat hambatan dari sebagian warga Siring dan Jatirejo. Mereka berupaya menghalang-halangi upaya perbaikan tanggul penahan lumpur itu. Penghadangan itu dilakukan karena warga sangat kecewa mengingat angsuran pembayaran jual beli lahan dengan PT Minarak Lapindo Jaya belum dilunasi.

Reporter : Asan Haji
Redaktur : Siwi Tri Puji B
Adapun orang-orang yang kafir dan mendustakan ayat-ayat Kami, mereka itu penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya.(QS Al-Baqarah: 39)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
ISIS Luncurkan Video Ajakan Jihad
 JAKARTA -- Negara Islam Irak dan Suriah atau ISIS meluncurkan video dengan maksud meminta dukungan kepada warga Indoensia. Dalam video yang diunggah ke youtube tersebut,...