Sunday, 08 August 2010, 07:12 WIB

Lumpur Lapindo Meluap, Jalur KA Surabaya-Malang Terancam

Rep: Asan Haji/ Red: Siwi Tri Puji B
Republika
Ilustrasi
Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,  SIDOARJO—Semburan lumpur panas Lapindo, Sabtu (7/8) semakin meningkat. Peningkatan tersebut mengakibatkan lumpur meluap di titik 21 Desa Jatirejo,  Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Luapan lumpur tersebut mengancam jalur rel kereta api (KA) dan jalur transortasi utama Surabaya-Malang dan wilayah Jawa Timur bagian timur lainnya, seperti jalan Raya Porong.

Semburan lumpur yang meningkat sehingga meluap dari tanggul yang ada itu membuat Badan Penangulangan Lumpur Lapindo (BPLS) sempat panik. Sejumlah petugas diturunkan untuk membendung luberan lumpur.

Para petugas itu meninggikan tanggul lumpur. Peninggian tersebut dilakukan dengan membuat tumpukan karung berisi pasir. Harapannya, agar lumpur tidak sampai meluap ke jalur rel KA dan Jalan Raya Porong.

Upaya peninggian tanggul itu sempat mendapat hambatan dari sebagian warga Siring dan Jatirejo. Mereka berupaya menghalang-halangi upaya perbaikan tanggul penahan lumpur itu. Penghadangan itu dilakukan karena warga sangat kecewa mengingat angsuran pembayaran jual beli lahan dengan PT Minarak Lapindo Jaya belum dilunasi.

loading...