Selasa 01 Jun 2010 21:41 WIB

Imam Tarawih Bakal Dilatih 7 Bacaan Alquran

Rep: Masduki/ Red: Budi Raharjo
Sholat taraweh di Masjid Istiqlal
Foto: Darmawan/Republika
Sholat taraweh di Masjid Istiqlal

REPUBLIKA.CO.ID,SURABAYA--Para imam shalat tarawih di Jawa Timur bakal mendapatkan pelatihan tujuh lagu bacaan dalam Alquran di Jakarta pada bulan Juli mendatang. Tujuh lagu tersebut adalah Bayyati, Hijaz, Shoba, Rast, Jiharkah, Sikah, dan Nahawand.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Jam'iyah Tilawatil Quran (JTQ) Provinsi Jatim, Drs H Choirul Anam. Pengasuh acara Teletartil JT FM (Radio Pemprov Jatim) itu menjelaskan, ide itu muncul ketika dirinya melalui akun Facebook menampilkan video bacaan Surat Al Fatihah dengan menggunakan tujuh variasi lagu-lagu dalam Alquran itu dengan Ketua Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Jam'iyah Tilawatil Quran, KH Ir Agus Arifin (Gus Arifin).

''Saya sendiri tidak tahu, kenapa tiba-tiba beliau (Gus Arifin) ketika ngobrol melalui Facebook, kemudian tertarik dengan video itu. Katanya, beliau sudah ngomong-ngomong dengan teman-teman di Jakarta. Mereka tertarik dengan pembacaan ayat suci Alquran dengan menggunakan berbagai variasi lagu tersebut, dan berniat mengirim saya ke Jakarta,'' ungkap Choirul Anam, Selasa (1/6)

Diakui Choirul Anam, tidak banyak para qari' atau imam-imam salat di masjid atau musalla yang menggunakan bacaan dengan berbagai variasi lagu seperti itu. Karena itu, jika hal ini bisa dikembangkan, maka tentu umat Islam akan kaya dengan variasi dalam bacaan Alquran. ''Kita harapkan hal ini juga akan bisa berkembang di Jatim,'' katanya.

Menurut Anam, kalau para imam, khususnya imam salat tarawih bisa menggunakan banyak variasi seperti itu, tentu para makmum tidak akan bosan mengikuti salat tarawih, meski jumlah rakaatnya cukup banyak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement