Sabtu, 8 Muharram 1436 / 01 November 2014
find us on : 
  Login |  Register

Pengangguran di Gresik Meningkat

Rabu, 12 Mei 2010, 02:25 WIB
Komentar : 0
Pengangguran
Pengangguran

REPUBLIKA.CO.ID,GRESIK--Berdirinya 800 perusahaan besar di Kabupaten Gresik ternyata belum mampu mengurangi jumlah pengangguran. Sebab jumlah pengangguran tahun 2010 saja mencapai sekitar 158.328 jiwa. Diprediksi tiap tahunnya angka pengangguran akan terus bertambah hingga tahun 2016 nanti.

''Gresik sebenarnya memiliki potensi yang besar jika dibandingkan dengan kabupaten lain, karena ada ratusan perusahaan berdiri di Gresik. Tapi jumlah penganggurannya sangat tinggi. Masalahnya, penduduk di Gresik saat ini tidak diprioritaskan dalam perusahaan-perusahaan itu saat membutuhkan tenaga kerja,'' kata Bambang Suhartono, cabup dari PDIP, Hanura, dan Partai Buruh, Selasa (11/5).

Cabup yang berpasangan dengan Abdullah Qonik itu menambahkan, meskipun sebenarnya jumlah kesempatan kerja di Gresik tinggi, tapi sekarang belum bisa dimanfaatkan dengan maksimal. ''Perusahaan-perusahaan di Gresik, 40 persen warga luar Gresik. Karena itu, pemerintah harus menekan pelaku usaha agar lebih memprioritaskan warga ber-KTP Gresik,'' tandas cabup yang memiliki singkatan Bani (Bambang Suhartono-Abdullah Qonik) itu.

Meski demikian, pemerintah tidak boleh arogan dengan pelaku usaha atau investor yang hendak menanamkan modalnya di Gresik. Pemerintah harus menyambut kedatangan investor.

Reporter : Masduki
Redaktur : Budi Raharjo
'Ketahuilah, sesungguhnya bahwa malaikat tidak mau masuk ke rumah yang di dalamnya terdapat patung.(HR Bukhari)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Ini Pembahasan Presiden Rwanda dan Ketua DPD RI
JAKARTA --  Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Irman Gusman kedatangan Presiden Rwanda, Paul Kagame di Komplek Parlemen Senayan, Jumat (31/10). Ada beberapa hal...