Rabu 05 May 2010 00:09 WIB

Anak Gunung Rinjani tak Berhenti Semburkan Asap Tebal

Rep: Antara/ Red: Budi Raharjo
Gunung Barujari
Gunung Barujari

MATARAM--Gunung Barujari, anak Gunung Rinjani di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, Selasa (4/5) kembali meletus menyemburkan asap tebal berwarna coklat dengan ketinggian sekitar 1.200 meter. ''Terjadi letusan yang menyemburkan asap tebal berwarna coklat,'' kata Kepala Seksi Mitigasi Bencana Geologi dan Sumber Daya Mineral Dinas Pertambangan dan Energi NTB, Kun Dwi Santoso.

Gunung Barujari dengan ketinggian 2.376 meter di atas permukaan laut merupakan anak Gunung Rinjani (3.726 meter). Ia mengatakan pada Senin (3/5) juga terjadi satu kali letusan yang menyemburkan asap tebal berwarna coklat setinggi 1.500 meter dari pusat letusan, serta tiga kali letusan dengan amplitudo 17 mm, berdurasi 50 detik.

''Sedangkan pada Selasa (4/5) aktivitas kegempaan yang terekam di Pos Pengamatan Gunung Rinjani di Desa Sembalun Lawang, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur menunjukkan beberapa kali letusan dengan amplitudo 35-49 mm berdurasi 35-136 detik,'' jelas Kun.

Menurut dia, dari hasil pengamatan pos pengamatan Gunung Rinjani, gunung tersebut masih berstatus waspada (level II), karena itu masyarakat sekitarnya dan para pendaki diimbau untuk tetap waspada. ''Tidak menutup kemungkinan aktivitas gunung api tersebut akan meningkat," katanya.

Ia mengatakan, sejak terjadi letusan pada kerucut Gunung Barujari pada 2 Mei 2009 hingga kini letusan masih terus berlangsung. Karakter umum letusan adalah letusan abu disertai asap dan semburan lava pijar. ''Kami akan terus memantau secara terus-menerus,'' ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement