Jumat, 25 Jumadil Akhir 1435 / 25 April 2014
find us on : 
  Login |  Register

Gubernur Jatim Bebaskan Pajak PKB dan BBN

Sabtu, 28 Maret 2009, 02:12 WIB
Komentar : 0
SURABAYA--Dalam rangka program kerja 100 hari Gubernur (Soekarwo) dan Wakil Gubernur Jatim (Syaifullah Yusuf) untuk rakyat melaksanakan program pembebasan beaya pajak kendaraan bermotor (PKB) dan bea balik nama (BBN) 2 akan dilaksanakan mulai 1 April sampai 30 Juni 2009 oleh Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Provinsi Jatim.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dispenda Provinsi Jatim Ngesti Harinigsih mengatakan, pada rentang waktu ini juga diberlakukan diskon pokok pajak kendaraan bermotor yang melakukan pendaftaran ulang 14 hari sebelum jatuh tempo. Misalnya jatuh tempo bayar pajak pada 15 April, tapi tanggal 1 April sudah bayar pajak, ini mendapat diskon.

"Kabar gembira ini sebaiknya dimanfaatkan para wajib pajak terutama bea balik nama 2 atau beli kendaraan second yang normalnya beayanya cukup besar. Misalnya A beli kendaraan dari dan atas nama B. Kalau mau balik nama atas nama A dan beayanya satu juta, ya yang satu juta ini dibebaskan alias digratiskan. Makanya mumpung ada program ini sangat disayangkan kalau tidak dimanfaatkan," jelasnya Jumat (27/3)

Sementara soal pembebasan denda PKB, misalnya ada wajib pajak yang sudah 5 tahun tidak bayar PKB, ini akan diputihkan, kalau membayar beaya pokok PKB saja, sedangkan dendanya dibebaskan.

"Program ini berlaku untuk seluruh wilayah di Jawa Timur dan semua jenis kendaraan roda dua dan roda 4," urainya.

Untuk wilayah Surabaya pengurusan BBN 2 bisa dilakukan di Samsat Ketintang (wilayah Surabaya Barat dan Selatan), Samsat Manyar (wilayah Surabaya Timur), dan Samsat Kedung Cowek (wilayah Surabaya Utara). Dengan syarat cek fisik kendaraan di Samsat setempat serta membawa BPKB, STNK, dan KTP asli.

Sedangkan untuk pengurusan pembayaran PKB dapat dilakukan di ketiga Samsat tersebut, maupun di layanan drive thru Jembatan Merah Plaza (JMP), Pakuwon Trade Centre (PTC), A. Yani Peternakan, Manyar, juga di layanan corner Royal Plaza yang buka sampai pukul 20.00 WIB.

"Ini adalah kesempatan yang belum pernah didapatkan warga Jatim, karena itu bagi masyarakat wajib pajak segera menggunakan peringanan pajak ini," tandasnya. uki/kpo
Hati-hatilah terhadap dusta. Sesungguhnya dusta membawa kepada kejahatan dan kejahatan membawa kepada neraka. Selama seorang dusta dan selalu memilih dusta dia tercatat di sisi Allah sebagai seorang pendusta (pembohong)((HR. Bukhari))
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar
  Zainal Jumat, 5 Mei 1905, 18:35
Benar gak semua info tentang bebas biaya balik nama

  VIDEO TERBARU
Jumlah Pengunjung Meningkat, Ancol Terus Berbenah
JAKARTA -- Sebagian besar warga Jakarta kebanyakan habiskan libur panjang keluar kota. Meski begitu, wisata pantai Ibu Kota tak kehilangan pesonannya. Seperti pantai di...