Rabu, 7 Zulhijjah 1435 / 01 Oktober 2014
find us on : 
  Login |  Register

Letusan Terkini Merapi: Warga Panik, Lalu Lintas Kaliurang Macet Total

Senin, 01 November 2010, 22:33 WIB
Komentar : 0
Antara
Gunung Merapi
Gunung Merapi

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA--Kepanikan warga pascaletusan Gunung Merapi (2.965 mdpl), Senin, memacetkan lalu lintas kendaraan di Jalan Kaliurang, Yogyakarta. Semua pengendara, baik kendaraan bermotor roda empat maupun roda dua terutama dari arah utara tampak terburu-buru menuju selatan, sementara yang dari selatan sebagian berhenti kebingungan akan terus atau balik arah, sehingga menimbulkan kemacetan panjang.

Petugas kepolisian turun ke jalan mengatur arus kendaraan di beberapa ruas Jalan Kaliurang, begitu pula polisi lalu lintas yang bertugas di simpang empat Pos Kentungan sudah turun ke jalan mengatur kesemrawutan lalu lintas di tempat tersebut.

Gunung Merapi di perbatasan wilayah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah, Senin sekitar pukul 09.50 WIB kembali meletus dan mengeluarkan awan panas besar. Awan panas atau "wedus gembel" terlihat meluncur ke hulu Sungai Gendol,  bergulung-gulung dari semula kecil kemudian terus membesar.

Arah luncuran awan panas yang terus menerus selama lebih dari 20 menit itu, kemudian berbelok ke barat.

Letusan dan awan panas tersebut membuat petugas dari TNI dan Polri yang berada di Posko Utama untuk pengamanan kedatangan Kepala Staf TNI Angkatan Darat langsung dikonsentrasikan menangani pengamanan lalu lintas yang semrawut karena warga panik.

Redaktur : Siwi Tri Puji B
Sumber : Antara
Hadis riwayat Abu Musa ra., ia berkata: Aku pernah bertanya: Wahai Rasulullah, Islam manakah yang paling utama? Rasulullah saw. bersabda: Orang yang kaum muslimin selamat dari lisan dan tangannya. (HR Muslim)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Menyulap Lubang Galian Menjadi Danau
TUBAN -- Dalam melestarikan lingkungan, galian tambang yang dilakukan oleh PT Semen Gresik (Persero) Tbk dimanfaatkan oleh masyarakat setempat. Lubang-lubang bekas galian tersebut...