Sabtu, 09 Oktober 2010, 03:55 WIB

JK: Presiden Harusnya Tinjau Korban Bencana Wasior

Rep: Rosyid Nurul Hakim/ Red: Budi Raharjo
Bencana banjir bandang di Wasior
Bencana banjir bandang di Wasior

EPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Ketua Umum Palang Merah Indonesia, Jusuf Kalla, menyarankan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk datang Wasior. Seperti yang diketahui, distrik di Kabupaten Wondama, Papua Barat, diterjang banjir besar. Korban tewasnya sudah hampir 100 orang.

"Masak yang di Sinabung yang tidak ada korbannya datang, ini tidak," ujar pria yang sering disapa JK tersebut, di kantor Pengurus Pusat Muhamadiyah, Jumat (08/10). Presiden harusnya bisa lebih arif untuk datang juga ke Wasior. Agar ada perlakuan yang adil terhadap daerah yang tertimpa bencana.

Menurut mantan wapres ini, dalam kondisi bencana seperti ini, seharusnya kabupaten yang cepat beraksi. Lalu ikut membantu provinsinya. Karena di daerah sudah ada satkorlap. "Baru pusat turun tangan," katanya. Saat ini PMI sudah berada di lokasi kejadian.

Tapi, kata JK, hal yang lebih penting seharusnya yg dipikirkan adalah bagaimana merehabilitasi keadaan di Wasior. "Bangun rumah dan sebagainya," ujarnya. Meski belum bisa memastikan penyebab banjirnya, tetapi sesuai dengan pemberitaan, JK mengira, bencana itu karena adanya pembalakan dan juga hujan lebat.

loading...