Kamis, 24 Jumadil Akhir 1435 / 24 April 2014
find us on : 
  Login |  Register

Pengungsi Sinabung Membutuhkan Bantuan Selimut

Selasa, 31 Agustus 2010, 23:06 WIB
Komentar : 0
Antara
Gunung Sinabung meletus
Gunung Sinabung meletus

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Organisasi kegawatdaruratan kesehatan Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) Indonesia menyebutkan, para pengungsi letusan Gunung Sinabung di Kabupaten Tanah Karo, Sumatra Utara masih membutuhkan bantuan selimut.

''Dari hasil survei tim MER-C, kebutuhan pengungsi saat ini selimut, jaket, sembako, masker dan obat-obatan untuk penyakit ISPA (infeksi saluran pernafasan akut),'' kata Ketua Presidium MER-C Indonesia, Sarbini Abdul Murad, di Jakarta, Selasa (31/8).

Ia menjelaskan, laporan dari relawannya di kaki Gunung Sinabung menyebutkan untuk kebutuhan tenaga medis saat ini telah dapat dipenuhi dari dinas kesehatan setempat. Menurutnya, tim relawan MER-C juga telah berkoordinasi dan mensurvei pengungsian terjauh di tiga lokasi, namun untuk tim medis telah ditangani.

Para relawannya juga telah melakukan survei hingga ke permukikam penduduk di luar kawasan, dan diketahui semua masyarakat di sekitar gunung itu semua telah dievakusi. ''Cuaca hujan debu juga sudah mulai berkurang,'' katanya mengutip para relawan di kaki Gunung Sinabung.

Menurut MER-C, lebih kurang 10.000 warga yang tinggal dekat gunung tersebut diungsikan ke wilayah terdekat. MER-C Cabang Medan telah mengirim satu dokter, dua perawat, dan empat tenaga non-medis, serta obat-obatan, cairan-cairan, dan masker, hingga membuka posko pengungsi. Gunung Sinabung meletus Ahad dinihari sekitar pukul 00.15 WIB.

Reporter : Antara
Redaktur : Budi Raharjo
Allah melaknat orang yang menyuap dan orang yang menerima suap(HR Muslim )
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar
  narto Sabtu, 4 September 2010, 00:48
kepada pemerintah jagan lari dr tanggung jawab bapak terhadap masyarakat yang mengungsi jan buat mereka lebih menderita lagi
  hans Rabu, 1 September 2010, 03:29
maafya pengungsi dana tak ada... soalnya lagi dipakai buat bangun kolam renang oleh dpr

  VIDEO TERBARU
Tokoh Perubahan 2013, Inspirasi Indonesia
JAKARTA -- Republika menganugerahkan gelar Tokoh Perubahan 2013 kepada beberapa tokoh yang memberi inspirasi pada Indonesia. Untuk tahun ini tokoh yang mendapat gelar...