Kamis, 24 Jumadil Akhir 1435 / 24 April 2014
find us on : 
  Login |  Register

Berapa Ya, Jumlah Penduduk Indonesia Tahun Ini?

Selasa, 10 Agustus 2010, 22:12 WIB
Komentar : 0
Ilustrasi
Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Kepala Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Sonny Harry B Harmadi, memprediksi penduduk Indonesia pada 2010 tumbuh menjadi 238,4 juta jiwa. Angka itu menunjukkan pertumbuhan penduduk hingga tahun ini cukup tinggi mencapai 1,26 persen per tahun, karena kurang mulusnya pelaksanan program keluarga berencana setelah era desentralisasi.

Saat berbicara pada Rakernas IPKB di Jakarta, Selasa (10/9), dia menyebutkan komposisi penduduk Indonesia terdiri dari perempuan usia subur 65,7 juta, usia lahir hingga 14 tahun mencapai 64,1 juta, usia kerja 160,2 juta, dan usia lanjut 14,1 juta jiwa. Ia juga memaparkan, rata-rata jumlah anak yang dilahirkan ibu mencapai 2,3 anak per ibu melahirkan, angka kematian bayi 41,6 dan sementara jumlah bayi lahir per tahun ada 4,5 juta.

Pertumbuhan penduduk dominan terjadi di desa, daerah terpencil dan kepulauan. Keadaan ini memengaruhi kualitas pendidikan penduduk saat ini di mana ada 8,5 persen penduduk tidak sekolah, 21,9 belum tamat SD, tamat SD 33,4 persen, pendidikan SLTP 16,6 persen, tamat SMU 16,2, sedangkan yang menyelesaikan pendidikan tinggi hanya 3,4 persen.

Untuk mengatasi persoalan ini, Sony menyarankan pelaksanaan program keluarga berencana lebih dipacu lagi, dibarengi dengan persebaran penduduk. Dia memprediksi tanpa KB akan terjadi ledakan penduduk yang bakal menyulitkan realisasi penduduk tumbuh seimbang pada 2015.

Reporter : Antara
Redaktur : Budi Raharjo
"Hai orang-orang yang beriman, janganlah sekumpulan orang laki-laki merendahkan kumpulan yang lain, boleh jadi yang ditertawakan itu lebih baik dari mereka."((Hujuraat 49:11) )
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar
  cius Sabtu, 14 Agustus 2010, 20:29
yg jelas tiap ari bnyk yg bunuh diri dan "Terbunuh diri"
Maklum Presidennya Aja Nyudonyowo
  Jurig Selasa, 10 Agustus 2010, 18:35
Kayaknya sih nyampe dua ratusan yee

  VIDEO TERBARU
MUI Harapkan PPP Islah
JAKARTA -- Internal Partai Persatuan Pembangunan (PPP) alami perselisihan. Akan hal tersebut, Majelis Ulama Indonesia (MUI) meminta PPP untuk segera melakukan Islah. "Pada forum...