Jumat , 06 August 2010, 04:20 WIB

Romo Franz Magnis Kecam Rencana Pembakaran Alquran di Florida

Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
PRIMAONLINE
Franz Magnis Suseno
Franz Magnis Suseno

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Tokoh Katolik Romo Franz Magnis Suseno mengecam rencana pembakaran kitab suci sebuah agama oleh kelompok nondenominasi `Dove World Outreach Center` pimpinan Pastor Senior Sylvia Jones yang berkantor di Florida, Amerika Serikat.

"Kepicikan luar biasa sangat memalukan komunitas itu, semacam fundamentalisme itu yang sebetulnya kita berantas. Paham agama seperti yang mendapati identitasnya dengan memusuhi dan menghina agama lain," katanya di Jakarta, Kamis (5/8).

Ia mengatakan rencana itu adalah penghinaan terhadap agama dan para pemeluk agama. Selain itu, tindakan tersebut juga menunjukkan ketidakstabilan psikologis dalam melihat perbedaan. "Ketidakmampuan untuk membiarkan perbedaan setiap kitab agama dari hal-hal yang bagus dan penting," katanya.

Ia menambahkan, untuk mencegah dampak luas dari aksi pembakaran kitab suci tersebut sepantasnya tidak mendapatkan publikasi. Menurutn dia, di jaman internet ini, akses mudah terhadap semua hal termasuk informasi dan provokasi menjadi masalahnya. Dia mengimbau masyarakat tetap tenang dan tidak emosional.

Gereja Dove World Outreach Center di Gainesville, Florida, Amerika Serikat, berencana melakukan aksi kontroversional dengan menyeru warga Amerika Serikat membakar kitab suci Alqur'an pada 11 September nanti.

Sumber : Ant