Kamis , 13 Mei 2010, 00:02 WIB

Orang Tertua di Dunia Ada di Tasikmalaya?

Rep: Antara/ Red: Budi Raharjo
Ilustrasi
Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,TASIKMALAYA--Indonesia rupanya masih memiliki banyak warga negara yang berusia di atas 100 tahun, tak kalah dengan Jepang. Tengok saja hasil pendataan penduduk yang diperoleh petugas sensus di Tasikmalaya baru-baru ini.

Petugas sensus mendapati  tiga perempuan berusia 100 tahun lebih di Desa Cogreg, Kecamatan Cikatomas, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat (Jabar). Petugas sensus di kawasan Kecamatan Cikatomas, Munir Hidayat,  mengatakan ketiga wanita tersebut adalah  Minah (120 tahun), Kalsem (115), dan Suki (107). Ketiga penduduk itu masih dalam kondisi sehat. ''Kami petugas di lapangan menemukan data usia tiga wanita itu lebih dari 100 tahun,'' katanya.

Atas temuan tersebut, Munir langsung melakukan koordinasi dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Tasikmalaya. Pasalnya, berdasarkan peraturan warga dapat terdata dengan batas usia maksimal 100 tahun. ''Ya, kita tidak tahu apakah mencantumkan 99 tahun atau bagaimana, makanya saya langsung koordinasi,'' jelasnya.

Salah seorang tokoh masyarakat setempat, Abdul Hadi (61), membenarkan bahwa Minah berusia 120 tahun merupakan wanita tertua di daerahnya. Berdasarkan keterangan keluarga ketiga nenek tersebut dan tokoh masyarakat lainnya, usia memang lebih dari seabad. ''Pengakuan dari keluarganya juga seperti itu, usianya sudah 120 tahun,'' tegasnya.

Anak pertama Minah, Sukaesih (80), mengemukakan bahwa Minah berdasarkan catatan keluarganya dilahirkan sebelum tahun 1900, dan pernah mengalami masa penjajahan Belanda, Jepang hingga proklamasi kemerdekaan. ''Catatan resminya saya tidak punya, namun setahu saya emak dilahirkan sebelum tahun 1900,'' ungkap Sukaesih yang sudah memiliki buyut.

Beberapa warga dan keluarga ketiga wanita tua itu juga menyebut Minah merupakan orang tertua di dunia yang masih hidup hingga sekarang.

 

Berita Terkait