Monday, 20 Zulqaidah 1435 / 15 September 2014
find us on : 
  Login |  Register

Awas, Besok Buruh Demo Besar-besaran Peringati May Day

Saturday, 01 May 2010, 05:01 WIB
Komentar : 0
Edwin/Republika
Demo di depan Istana Presiden
Demo di depan Istana Presiden

JAKARTA--Puluhan ribu buruh siap menggelar demonstrasi besar-besaran memperingati hari buruh sedunia (may day) tepat tanggal 1 Mei atau Sabtu besok. Buruh yang datang dari wilayah Jakarta dan sekitarnya ini akan berunjuk rasa mulai dari Bundaran HI dan puncaknya mengepung Istana Presiden di Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat.

Serikat Pekerja atau buruh, bahkan jauh-jauh hari sudah mempersiapkan momen hari buruh yang hanya ada satu hari dalam setahun ini. Seperti yang dipersiapkan Komite Aksi Jaminan Sosial (KAJS) untuk meramaikan demonstrasi itu. Sekjen KAJS, Said Iqbal, menjanjikan sekitar 75 ribu yang bakal mengepung Istana Presiden. ''Yang sudah konfirmasi sekitar 50 ribu orang,'' katanya.

Elemen yang bakal berunjuk rasa itu datang, antara lain dari Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI), dan serikat buruh lainnya. Bahkan, kalangan nonburuh pun siap bergabung semisal dari mahasiswa, LSM, HMI Semarang, GMNI bandung, FKM UI, dan lainnya.

Iqbal memastikan massa buruh dari Jabodetabek bakal membuat Jakarta ramai dengan aksi buruh. Bahkan, buruh juga bakal berdatangan dari Banten, Bawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Iqbal ingin demo buruh ini berjalan aman dan damai. Agara lebih gereget, tak tertutup kemugkinan, buruh akan menutup akses jalan tol yang membelah Ibukota Jakarta. Buruh juga akan membuat 'rantai manusia' yang akan mengelilingi Istana Presiden. Dalam aksinya, buruh mengusung tuntutan jaminan sosial terhadap kalangan pekerja di Tanah Air.

Lantaran massa yang berdemonstrasi sangat banyak, Presiden pun sudah mengantisipasi demo hari buruh ini. Secara khusus, kemarin, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah membahas rencana aksi buruh ini dalam sidang kabinet terbatas. Istana mengakui sekitar 100 ribu buruh akan berdemonstrasi di seantero negeri.

Reporter : C13
Redaktur : Budi Raharjo
"Hai orang-orang yang beriman, janganlah sekumpulan orang laki-laki merendahkan kumpulan yang lain, boleh jadi yang ditertawakan itu lebih baik dari mereka."((Hujuraat 49:11) )
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Menikah Harus Sah Menurut Agama Masing-Masing
 JAKARTA -- Masalah undang-undang pernikahan menurut Meneger Nasution sudah jelas. Ia juga menjelaskan menurut para ulama, pernikahan harus sah secara agamanya masing-masing. Berikut video...