Jumat, 28 Ramadhan 1435 / 25 Juli 2014
find us on : 
  Login |  Register

Pemenang Pilbup Bogor Diumumkan Sabtu

Kamis, 04 Desember 2008, 07:26 WIB
Komentar : 0
CIBINONG -- Kepastian tentang pemenang Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Bogor putaran kedua akan diumumkan oleh KPU setempat pada rapat pleno rekapitulasi suara dan penetapan pasangan terpilih, Sabtu (6/12).

Anggota KPU Kabupaten Bogor Bidang Teknis Romli Eko Wahyudi di Cibinong, Rabu, mengatakan melalui rapat pleno tersebut, setelah hasil penghitungan suara direkapitulasi, akan dilakukan penetapan pasangan terpilih. "Kami mengundang semua pihak terkait, kedua pasangan calon dan perwakilan tim suksesnya, Bupati dan Muspida Kabupaten Bogor, serta Panwaslu," katanya.

Romli mengatakan hasil penghitungan suara secara manual berjenjang yang dilakukan KPU Kabupaten Bogor saat ini sudah berada di tingkat KPU. Penghitungan suara secara berjenjang, dimulai dari tingkat Tempat Pemungutan Suara (TPS) ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) di tingkat desa, kemudian ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), dan selanjutnya ke KPU tingkat kabupaten.

Menurut dia, semula KPU Kabupaten Bogor merencanakan melakukan rapat pleno penghitungan suara pada Jumat (5/12) dan penetapan pasangan terpilih pada Sabtu (6/12). Namun dengan pertimbangan efisiensi waktu dan tenaga, kata dia, kedua agenda pleno tersebut digabung menjadi satu.

Pemilihan Bupati Bogor putaran kedua diikuti 2.810.462 pemilih di 7.029 TPS yang tersebar di 40 kecamatan pada Minggu (30/11). Hasil hitungan cepat yang dilakukan Lingkaran Survey Indonesia (LSI) di 320 TPS yang dipilih dengan metode multistage random sample di 40 kecamatan, menunjukkan pasangan Rachmat Yasin-Karyawan Fathuurachman (Rachman) memperoleh 63,55 persen suara, sedangkan pasangan Fitri Putra Nugraha alias Nungki - Endang Kosasih (Nusae) 36,45 persen.

Direktur Riset LSI Arman Salam saat mengumumkan hasil hitungan cepat tersebut di Bogor mengatakan hitung cepat yang dilakukan LSI memiliki tingkat akurasi 99 persen. "Kami menjamin akurasi hasil hitung cepat ini. Kami sudah melakukan hitung cepat pada 57 Pilkada di berbagai daerah di Indonesia, hasilnya seluruhnya dengan tingkat akurasi 99 persen," katanya.
Untuk memastikan tingkat akurasi tersebut, ia meminta dibandingkan dengan hasil hitungan suara secara manual oleh KPU setempat. ant/is
Senyummu kepada saudaramu merupakan sedekah, engkau memerintahkan yang ma’ruf dan melarang dari kemungkaran juga sedekah, engkau menunjukkan jalan kepada orang yang tersesat juga sedekah, engkau menuntun orang yang berpenglihatan kabur juga sedekah, menyingkirkan batu, duri, dan tulang dari jalan merupakan sedekah((HR Tirmidzi))
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar