Rabu 12 Jan 2011 08:26 WIB

Bendung Curug Jebol, Pelanggan Air Minum Jakarta tak Perlu Khawatir

Rep: Esthi Maharani/ Red: Johar Arif

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA – PT Palyja mengatakan jebolnya pintu Bendung Curug, Karawang, tidak perlu dikekhawatirkan oleh para pelanggan air minum di Jakarta.

‘’Betul ada kerusakan (Bendung Curug), tapi belum tahu sejauh apa kerusakan. Tidak perlu khawatir karena stok Palyja tak hanya berasal dari sana,’’ kata Head Corporation Communication PT Palyja, Meyritha Maryanie, Selasa (11/1). Kalaupun berdampak ke pelanggan, menurut dia, hanya akan terasa untuk kawasan Jakarta Timur.

Pasokan air untuk pelanggan kawasan Jakarta Timur memang sepenuhnya berasal dari jalur Waduk Jatiluhur. Sementara kawasan lain masih memiliki alternatif pasokan air, seperti dari daerah Cilandak dan Tangerang.

Ia mengatakan parameter orang Jakarta akan kekurangan air atau tidak bisa dilihat dari Kalimalang dan Kali Bekasi. Kalau salah satu dari kedua sungai itu bermasalah, terutama Kali Bekasi, menurutnya, baru pelanggan air minum Jakarta boleh khawatir.

Meyritha mengatakan posisi Bendung Curuk yang jebol ini berada di jalur aliran air dari Waduk Jatiluhur menuju Jakarta. Tepatnya berada di antara waduk Jatiluhur dengan kanal Tarum Barat, Bekasi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement