Jumat 31 Dec 2010 02:22 WIB

Disiapkan jadi BUMD, Manajemen Transjakarta akan Diubah

Rep: c22/ Red: Siwi Tri Puji B

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Pada 2011, Transjakarta akan dijadikan badan usaha milik daerah (BUMD) tersendiri. Sebelumnya Transjakarta masih berupa badan layanan umum (BLU).

Untuk itu, kata Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, sistem managemen Tranjakarta akan diubah. “Ini dilakukan untuk memperbaiki layanan kepada warga,” katanya.

Selama menjadi BLU, anggaran produksi maupun operasionalnya banyak bertumpu pada APBD. Tranjakarta pun masih disubsidi. Terlebih lagi, mekanisme pemberian bantuan dana itu melalui proses birokrasi yang panjang. Akibatnya tidak fleksibel, salah satunya untuk menentukan besaran biaya.

Ke depan, Transjakarta akan berpisah dari Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta yang selama ini membawahinya. Selain itu, dengan menjadi BUMD,Transjakarta akan mengelola sistem managemen dan pengelolaan keuangannya.

Asisten Perekonomian, Hasan Basri mengatakan pengkajian perubahan status transjakarta ini sudah dilakukan selama enam bulan. Dalam bahasannya, isu utama yang mencuat terkait fleksibilitas sistem managemen Transjakarta dalam artian kemudahan penganggaran. “Supaya lebih fleksibel menyiapkan pelayanan sehingga diubah menjadi BUMD,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement