Kamis 23 Dec 2010 23:18 WIB

Macet Hingga 11 Km di Ruas Tol Cikampek

Rep: c42/ Red: Siwi Tri Puji B

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Kemacetan panjang terjadi di Jalur tol Jakarta-Cikampek, sejak pintu tol Jati Asih, Kota Bekasi. Penyebabnya, sebuah truk tronton bermuatan pasir mengalami patah as roda belakang.

"Kemacetan kendaraan sampai 10-11 Kilometer sejak KM 29," Kata Sunaryo, petugas sentra komunikasi informasi tol Jakarta-Cikampek.

Tronton bernomor polisi B 9348 D, mengalami patah as roda pada pukul 06.45 di KM 29. Saat itu tronton berjalan di jalur satu menuju arah Pondok Indah dan Bumi Serpong Damai. Petugas Jasa Marga tidak bisa mengevakuasi truk ke pinggir jalan karena ukuran kendaraan yang besar.

Petugas, kata Sunaryo, menunggu kedatangan alat berat, yang sedang digunakan di tol Lenteng Agung, untuk melakukan evakuasi. Alat berat saat ini sedang dalam perjalanan ke lokasi tronton.  "Jika normal evakuasi membutuhkan waktu satu jam," ujar Sunaryo.

Untuk menghindari penumpukan kendaraan, pihak Jasa Marga menutup pintu tol Jati Asih arah Pondok Indah. Mereka juga melakukan rekayasa lalu lintas. Pengendara yang berniat masuk tol dialihkan ke pintu tol Jati Asih arah ke Tanjung Priok.

Di ruas tol, petugas juga memasang rambu agar pengendara yang ingin ke luar pintu tol Jati asih mengalihkan perjalanannya ke pintu ke luar lain. Sebagaian pengendara yang terlanjur terjebak kemacetan di dalam tol memaksakan memutar kemudi melawan arus jalan. Menurut Sunaryo, hal itu menyebabkan petugas kesulitan mengatur arus lalu lintas di dalam tol.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement