Selasa 14 Dec 2010 00:27 WIB

Pemkot Tangsel Kecewa Keputusan MK

Rep: Muhammad Hafil/ Red: Didi Purwadi

REPUBLIKA.CO.ID,TANGERANG --  Pjs (Penjabat Sementara) Walikota Tangerang Selatan (Tangsel), Eutik Suarta, mengaku sangat kecewa dengan keputusan MK tentang dugaan keterlibatan sejumlah PNS dan pejabat Pemkot Tangsel yang melakukan dukungan sistematis kepada Airin Rachmi Diany-Benjamin Davnie dalam Pemilukada Kota Tangsel 2010. Pemkot Tangsel, lanjut Eutik, sejak awal selalu menjaga kenetralannya dan tidak menjadi tim sukses dari pasangan manapun.

“Walaupun begitu, kami tetap menghargai keputusan MK tersebut,” ujar Eutik.

Seperti diberitakan sebelumnya, MK menganulir keputusan KPUD Kota Tangsel yang memenangkan pasangan nomor urut 4 (Airin-Benjamin) pada Pemilukada Kota Tangsel. MK memerintahkan KPUD Kota Tangsel untuk menggelar ulang pemilukada dalam waktu 90 hari.

Dugaan ketidaknetralan PNS dan pejabat Pemkot Tangsel menjadi faktor yang membuat MK menganulir kemenangan Airin-Benjamin. Diantaranya adalah  dugaan keterlibatan Asisten Daerah (Asda) I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Tangsel, Ahadi, yang mendukung Airin.

Ahadi mengeluarkan memo Airin Fans Club (AIFAC) pada 21 Januari 2010  kepada SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) Kota Tangsel untuk mendukung Airin menjadi walikota Tangsel. Meski Pemilukada Kota Tangsel digelar 13 November 2010, namun surat yang dikeluarkan Ahadi sebelum Pemilukada pada 21 Januari 2010 itu menjadi bukti bahwa pejabat Tangsel melakukan kampanye terstruktur, sistematis dan masif mendukung Airin.

Contoh lainnya, MK membuktikan keterlibatan PNS mengkampanyekan Airin. Terkait siaran rekaman kehadiran Airin bersama Ahadi di Radio Metro Zona pada 2 Februari 2010. Usai melakukan siaran, Ahadi menjanjikan  akan memberikan bantuan kepada Radio Metro Zona jika terus mengkampanyekan Airin dalam siaran radio di kawasan Pamulang, Tangsel itu.   

Selain tindakan Ahadi, MK juga menyebutkan keterlibatan sejumlah aparatur pemerintahan lainnya. Diantaranya adalah instruksi camat Pamulang, lurah Pamulang Barat, camat Serpong, yang menginstruksikan kepada bawahannya dalam suatu apel pagi untuk mengarahkan warga di setiap RT/RW untuk mendukung Airin-Benjamin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement