Selasa 30 Nov 2010 04:46 WIB

Stasiun Pengangkutan Sampah Akan Dibangun di Tapos Depok

Rep: C23/ Red: Budi Raharjo

REPUBLIKA.CO.ID,DEPOK--Untuk mengatasi permasalahan sampah di Kota Depok, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok akan membangun Stasiun Pengangkutan Antara (SPA) di Tapos, Depok. Pembangunan SPA tersebut terkait rencana pembuatan Tempat Pembuangan dan Pengolahan Sampah (TPPS) bersama din ambo, Cibinong, Kabupaten Bogor.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Depok, Khamid Wijaya, mengatakan pembangunan SPA bukannya tidak dikaji, tetapi pembangunan di Tapos merupakan hasil kajian lembaga yang dipimpinnya. Namun ia belum dapat memastikan waktu pembangunannya.

“Lokasi pembangunan SPA masih dalam pengkajian. Pembangunannya juga akan disesuaikan dengan pembangunan TPPS Nambo, Cibinong,” kata Khamid kepada para wartawan, Senin (29/11) siang.

Menurutnya, pembangunan SPA itu sangat penting untuk mengatasi permasalahan sampah di Kota Depok. Dengan keberadaan SPA, lanjutnya, diharapkan dapat meminimalisasi keluhan masyarakat terhadap sampah yang kerap menumpuk karena lama diangkutnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Kebersihan Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Depok, Rahmat Hidayat, menjelaskan SPA itu harus dibuat karena Kota Depok ke depan akan membuang sampah TPPS  Nambo. Untuk itu, tambahnya, saat ini pihaknya tengah mempersiapkan rencana pembangunan Stasiun Peralihan Antara  tersebut.  Hingga saat ini, pihaknya masih menunggu hasil kajian lebih lanjut dari Bappeda.

Ia menambahkan, dengan adanya pembuangan sampah bersama di Nambo, Cibinong, maka sampah yang dihasilkan warga Depok akan dibuang kesana. Dengan demikian Pemkot Depok akan dikenakan biaya untuk membuang sampah ke Nambo. “Saat ini, lokasi untuk pembangunan SPA masih dicari yang berdekatan dengan TPPS Nambo, antara Tapos dan Bojongsari,” pungkasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement