Sabtu 14 Aug 2010 06:57 WIB

Cekungan di Jalan Warung Buncit akan Ditinggikan

Rep: Muhammad Fakhruddin/ Red: Arif Supriyono

REPUBLIKA.CO.ID, Jakarta--Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta akan meninggikan cekungan yang terletak di Jalan Warung Buncit, Jakarta Selatan. Cekungan tersebut kerap tergenang air akibat luapan Kali Pulo, yang penyebabkan kemacetan parah.

“Jalan yang ditinggikan itu yang merupakan cekungan sepanjang 100 atau 200 meter saja. Ketinggian penambahan jalan sekitar 30 hingga 50 cm,” kata Ery Basworo, kepala Dinas Pekerjaan Umum DKI, di Balai Kota DKI, Jumat (13/8).

Menurut Ery, pengerjaan jalan tersebut akan dilakukan bulan ini. Untuk menyiasati agar pengerjaan jalan tidak mengganggu aktivitas lalu lintas di sana, pelapis jalanan akan dilakukan bertahap sehingga masih dapat dilintasi kendaraan.

Dana peninggian jalan tersebut menggunakan anggaran darurat yang memang bisa dipakai sewaktu-waktu. "Untuk jumlah anggarannya kami belum merinci secara pasti,” tutur Ery.

Dalam penanganan genangan air ini dinas PU sempat berencana untuk melebarkan Kali Pulo sebagai salah satu solusinya. Berdasarkan kajian, kata Ery, Kali Pulo yang lebarnya 4 meter ini idealnya dijadikan 8 meter agar dapat menampung air hujan sehingga tidak terjadi genangan.

Namun, menurut Ery, pelebaran Kali Pulo itu harus dibarengi dengan pelebaran Kali Krukut yang ada di dekatnya. Pelebaran kali akan memakan waktu lama, karena harus melalui pembebasan lahan warga terlebih dahulu. "Sementara kita ambil solusi instan saja, yakni peninggian Jalan Warung Buncit," ungkap Ery.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement