Sabtu 01 May 2010 05:31 WIB

Ledakan di Duren Dawit Diduga Kuat Adalah Meteor

Rep: Erdy Nasrul/ Red: Endro Yuwanto

JAKARTA--Dugaan kuat penyebab ledakan di tiga rumah di Duren Sawit, Jakarta Timur, adalah meteor. Benda antariksa sebesar kelapa itu meluncur dari arah tenggara menghantam rumah Sudarmojo di Jl Delima VI Gang II Malakasari, Kamis malam kemarin (29/4).

Peneliti Astronomi dan Astrofisika Lembaga Penerbangan dan Antariksa (Lapan), Thomas Djamaluddin, menduga benda langit itu menghantam rumah Sudarmodjo dan jatuh menghantam atap rumah di belakangnya.

''Tadi saya melihat lubang berukuran 30 X 30 sentimeter,'' ujar Thomas setelah memeriksa rumah Sudarmojo, Jumat (30/4).

Namun demikian, Thomas masih harus menemukan langsung benda yang diduga meteor itu. Ketika masuk ke rumah Sudarmojo dia tidak menemukan benda itu.

Dikatakan Thomas, benda itu tidak terdeteksi radar Lapan. ''Jika benda antariksa seperti satelit dan pecahan roket masih bisa tertangkap,'' tuturnya.

Benda yang diduga meteor itu menghantam rumah Sudarmojo Kamis (29/4). Atap rumah itu hancur. Pecahan batu genteng mengenai dua rumah di samping kiri dan kanannya sehingga mengakibatkan atap kedua rumah itu bolong. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement