Kamis 17 Mar 2011 19:35 WIB

UI akan Pilih Fakultas Terhijau

REPUBLIKA.CO.ID,DEPOK--Universitas Indonesia (UI) akan melakukan pemilihan fakultas terhijau di bidang lingkungan hidup. "Nantinya akan ada sistem pemeringkatan setiap fakultas yang memperhatikan lingkungan," kata Kepala Kantor Komunikasi UI, Vishnu Juwono, di Depok, Kamis.

Menurut dia, tujuan kegiatan tersebut adalah untuk melihat perspektif akan pemeliharaan

lingkungan dan pengembangan energi yang sustainable di fakultas-fakultas. Dikatakannya, pemeringkatan tingkat fakultas di lingkungan UI tersebut katanya mengusung nama UI Green Metric Faculty Raning 2011.

Lebih lanjut ia mengatakan, UI Green Metric Faculty Ranking 2011 merupakan kegiatan yang pertama kali diselenggarakan di UI dalam meningkatkan performa setiap Fakultas dalam memelihara lingkungan dan menyikapi isu-isu mengenai sustainable environment.

Sementara itu, Ketua Tim UI Green Metric, Riri Fitri Sarii mengatakan, dengan partisipasi dari semua fakultas maka diharapkan dapat memperbaiki ranking UI pada UI Green Metric Ranking of World Universities 2011. Menurut dia, metode penilaian yang digunakan UI Green Metric Faculty Ranking 2011 yaitu berdasarkan definisi parameter pengukuran kampus hijau yang dilandasi oleh tiga filosofi dasar, yakni Enviroment, Economic, dan Equity.

Untuk bobot masing-masing indikator penilaian katanya terdiri dari Statistik Kehijauan Kampus (24 persen), Pengelolaan Sampah (15 persen), Energi dan Perubahan Iklim (28 persen), Penggunaan Air (15 persen), dan Transportasi (24 persen).

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement