Sabtu 28 Aug 2010 06:00 WIB

Pemerintah Diminta tak Beri Izin Operasi Asahan I

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Wakil Ketua komisi VII DPR RI, Effendi Simbolon, mendesak pemerintah agar tidak memberikan ijin operasi kepada PT Asahan I di Sumatera Utara sebelum melengkapi Analisis Mengenai Dampak Lingkungan yang selama ini belum dimiliki. "Kita minta pemerintah tak berikan ijin operasi sampai ada Amdal," kata Effendi Simbolon kepada pers di Gedung DPR/MPR di Senayan Jakarta, Jumat (27/8).

Dalam keterangan tersebut, Effendi Simbolon, didampingi Rahmad Hidayat, Dewi Anggraeni dan Daryatmo Mardiyanto Effendi menjelaskan, fakta temuan di lapangan menunjukkan bahwa Asahan I sampai saat ini belum memiliki Amdal sebagai prasyarat utama. Temuan tersebut didapatkan saat kunjungan kerja Komisi VII ke Asahan I.

Menurut Effendi, selama ini Presiden Susilo Bambang Yudhoyono selalu menyatakan peduli dengan lingkungan.

"Karena itu, Presiden SBY harus bisa bersikap tegas dan tak ambivalen," kata Effendi.

Sementara Dewi Anggraeni sangat menghargai Kementerian LH yang berani secara terang-terangan mengumumkan jika Asahan I belum memiliki Amdal. "Jarang-jarang lho Kementerian LH berani secara terang-terangan mengumumkan ketidakberesan dalam lingkungan hidup. Kita acungi jempol kepada Menteri LH," kata Dewi.

Menurut Dewi, Kementerian LH harus terus diingatkan dan didukung terus untuk bisa bersikap tegas untuk masalah lingkungan ini. Dewi menegaskan, Menteri LH untuk saat ini konsisten menjaga lingkungan.

sumber : Ant
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement