Kamis 06 May 2010 05:47 WIB

24 Pemimpin Kota Se-Jawa Bahas Lingkungan Hidup

YOGYAKARTA--Sebanyak 24 pemimpin kota se-Jawa akan berkumpul di Kota Yogyakarta dalam Rapat Kerja Komisariat Wilayah III Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia pada 6-7 Mei untuk membahas isu lingkungan hidup. "Agenda utama dari rapat kerja ini adalah untuk merumuskan bahan-bahan dalam Rakernas Apeksi di Bandung tahun ini," kata Wakil Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti di Yogyakarta, Rabu.

Menurut dia, isu utama yang akan dibahas dalam pertemuan wali kota-wali kota tersebut adalah kualitas lingkungan hidup dan tata ruang kota dalam upaya untuk mengatasi dampak pemanasan global. Saat ini, lanjut Haryadi, isu mengenai lingkungan hidup dan pemanasan global adalah isu yang paling menonjol dan menjadi masalah tersendiri di kota-kota besar karena interaksi masyarakat dengan lingkungan yang cukup tinggi. "Selain masalah lingkungan hidup dan tata ruang kota, masih akan ada beberapa isu lain yang dibahas seperti masalah transportasi dan juga penanggulangan kemiskinan," katanya.

Beberapa kota di Jawa yang akan terlibat dalam pertemuan tersebut di antaranya adalah Surakarta, Semarang, Salatiga, Magelang, Pekalongan, Cirebon, Sukabumi, Tangerang, dan Jakarta Pusat. "Acara ini tentunya juga akan kami manfaatkan untuk terus meningkatkan kerja sama dengan kota-kota lain. Telah ada beberapa kota yang melakukan kerja sama dengan Yogyakarta," katanya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Kepala Bagian Protokol Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta Wahyu Hendratmoko menyatakan, seluruh kota yang masuk dalam Wilayah III Apeksi dipastikan akan hadir.

"Tetapi, tidak semuanya akan diwakili oleh wali kota. Hanya 15 kota yang akan langsung diwakili oleh wali kotanya, sisanya diwakili oleh wakil wali kota atau sekda," katanya.

Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X dijadwalkan membuka acara tersebut pada Kamis (6/5), sedangkan Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto dijadwalkan memberikan paparan dalam diskusi panel di acara tersebut.

Selain melakukan rapat kerja, dalam acara tersebut juga akan digelar kegiatan untuk istri wali kota dan pejabat lain yang juga diundang, salah satunya adalah lokakarya tentang norma keluarga kecil bahagia sejahtera (NKKBS) yang digelar di Keraton Yogyakarta dengan narasumber Gusti Kanjeng Ratu Hemas.

sumber : ant
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement