Selasa, 25 Ramadhan 1435 / 22 Juli 2014
find us on : 
  Login |  Register
Home > >

Penderita HIV/AIDS di Medan Terbanyak se-Sumatera Utara

Sabtu, 29 Januari 2011, 00:51 WIB
Komentar : 0

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN--Kota Medan masih merupakan daerah tertinggi kasus HIV/AIDS dari seluruh kabupaten/kota di Sumatera Utara.

Manajer Proyek Global Fund, Dinas Kesehatan Sumatera Utara, Andi Ilham Lubis, di Medan, Jumat, di Sumut hingga Januari 2011 kasus HIV/AIDS ada sebanyak 2.616 kasus yakni, HIV 1.081 dan AIDS 1.535.

Perincian kasus HIV/AIDS, Kota Medan menduduki rangking pertama dengan jumlah 1.712, Kabupaten Deli Serdang 205, Karo 117, Tobasa 114 orang. Bahkan kabupaten yang baru dimekarkan seperti Batu Bara kasusnya ditemukan ada 6 orang, Padang Lawas AIDS 2 orang dan Pak-pak Barat 1 orang AIDS.

Ironisnya, lanjut dia, kasus ini didominasi usia produktif antara 20-29 tahun sebanyak 1.366, juga telah sampai kepada anak usia dibawah satu tahun, dimana HIV ada 3 orang dan AIDS 2 orang. Usia 1-4 tahun 28 orang (HIV 24 dan AIDS 4 orang), usia 5-9 tahun 5 orang yang HIV.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan, Edwin Effendi, mengatakan, tingginya kasus HIV/AIDS di Medan diharapkan dapat menjadi perhatian semua pihak agar kasusnya dimasa datang tidak menjadi bom waktu.

Dinkes Medan telah melakukan kegiatan untuk menahan laju epidemi HIV/AIDS antara lain dengan meningkatkan penyuluhan kepada kelompok risiko tinggi dan kepada masyarakat, juga peningkatan pelayanan kesehatan untuk penderita HIV/AIDS.

Redaktur : Stevy Maradona
Sumber : Antara
Dan orang-orang yang beriman serta beramal saleh, mereka itu penghuni surga, mereka kekal di dalamnya. (QS Al-Baqarah [2[:82)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Korban MH17 Telantar
DONETSK -- Jenazah korban penerbangan MH17, kini menuju Amsterdam. Penyelidikan juga telah diambil alih pemerintah Belanda, negara yang paling banyak kehilangan warganya dalam...