Rabu 03 Nov 2010 02:23 WIB

Wuih, 19 Puskesmas Dapat ISO 9001:2008

Rep: c22/ Red: Siwi Tri Puji B

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Sebanyak 19 Puskesmas kelurahan mendapatkan serfitikasi ISO 9001:2008. Sebab, pelayanan yang diberikan dianggap telah memenuhi standar pelayanan mutu. Jika ditotal, ada 36 Puskesmas tingkat kelurahan di DKI Jakarta yang terlah mendapatkan sertifikat ini.

Rinciannya, Puskesmas Kelurahan Pejaten Timur, Puskesmas Kelurahan Jati Pulo I, Puskesmas Kelurahan Jembatan Besi, Puskesmas Kelurahan Kali Anyar, Puskesmas Kelurahan Duri Kepa, Puskesmas Kelurahan Kedoya Utara, Meruya Selatan I, Joglo I, Grogol II dan Tanjung Duren Selatan.

Kemudian Puskesmas Kelurahan Senayan, Pasar Minggu I, Cilandak Timur, Ragunan, Palmerah II, Kramat Jati I, Kramat Jati II, Pondok Ranggon dan Lubang Buaya.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI, Dien Emmawati mengatakan saat ini sudah ada 42 Puskesmas Kecamatan dan 36 Puskesmas Kelurahan yang telah mendapatkan sertifikasi ISO. DKI Jakarta sebagai provinsi yang memiliki Puskesmas paling banyak mendapatkan sertifikasi ISO di Indonesia.

Untuk dua Puskesmas kecamatan yang belum mendapatkan sertifikasi ISO yaitu Puskesmas Kecamatan Pulau Seribu Utara dan Pulau Seribu Selatan ditargetkan akan menerima sertifikasi tersebut pada akhir tahun 2010. “Tidak mudah bagi mereka karena disana fasilitasnya cukup susah dibandingkan di darat,” jelasnya pada Selasa, (2/11).

Ia mengatakan untuk mendapatkan sertifikasi tersebut, peralatan Puskesmas harus tepat dan akurat. Sehingga akan menjadi jaminan, Puskesmas yang mendapatkan ISO dipastikan peralatan kesehatannya berstandar baik, terkalibrasi sehingga hasilnya valid.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement