Thursday, 8 Zulhijjah 1435 / 02 October 2014
find us on : 
  Login |  Register

Fiji Ganti Gambar Ratu Elizabeth II dari Mata Uangnya

Wednesday, 02 March 2011, 15:52 WIB
Komentar : 0
Mata Uang Fiji yang bergambar Ratu Elizabeth II bakal diganti dengan gambar tumbuh-tumbuhan dan hewan
Mata Uang Fiji yang bergambar Ratu Elizabeth II bakal diganti dengan gambar tumbuh-tumbuhan dan hewan

REPUBLIKA.CO.ID, SUVA - Fiji akan mengganti gambar Ratu Elizabeth II dari mata uangnya dan menggantikannya dengan gambar tanaman serta hewan setempat, kata penguasa militer negara di Pasifik Selatan itu, Voreqe Bainimarama.
Bainimarama yang mendapatkan kekuasaan dengan cara kudeta tak berdarah pada 2006 mengatakan kabinet Fiji telah menerima rekomendasinya mengenai desain yang baru untuk sepuluh mata uang dan menyebut tidak ada satu pun dari pecahan mata uang itu yang menampilkan sang Ratu.

"Flora dan fauna penting dan khas Fiji telah dipilih untuk menggantikan foto Yang Mulia Ratu Elizabeth II," katanya dalam pernyataan pers pada Selasa (1/3). Ia mengatakan mata uang-mata uang yang baru akan diperkenalkan pada Juni tahun depan.

Bainimarama yang juga menjabat sebagai Perdana Menteri dan Menteri Keuangan di antara jabatan lainnya tidak memberikan alasan mengenai perubahan tersebut. Inggirs mendukung keputusan Persemakmuran untuk menangguhkan keanggotaan Fiji dalam kelompok tersebut pada 2009 setelah pemerintahan Bainimarama melanggar janji untuk memulihkan demokrasi setelah kudeta.

Fiji, bekas koloni Inggris mendapatkan kemerdekaan pada 1970 namun tetap melanjutkan untuk memasang gambar Ratu di mata uangnya. Bekas koloni Inggris lain seperti Australia, Selandia Baru dan Kanada masih menerapkan kebijakan yang sama.

Orang kuat militer itu tidak memberi penjelasan lengkap mengenai jenis tanaman dan binatang yang akan menggantikan gambar sang Ratu, meski laman situs pariwisata www.govisitfiji.com mengatakan negara kepulauan itu kaya akan berbagai jenis tumbuh-tumbuhan dan burung.

Laman itu menyebutkan bahwa mamalia dan binatang darat lebih sedikit dengan contohnya ialah iguana, ular, kura-kura dan tokek. Namun laman tersebut juga mengatakan bahwa hewan seperti tikus, anjing, babi, kambing, tupai, kuda dan domba adalah hewan yang biasa.


Redaktur : Djibril Muhammad
Sumber : Antara/AFP
Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya(HR. Muslim, no. 2588)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Salim Said: Komunis, Paham Ideologi yang Sudah Bangkrut
 JAKARTA -- Paham komunis sempat tumbuh dan berkembang di Indonesia. Akan tetapi Prof. Dr Salim Said menilai ideologi tersebut sudah bangkrut saat ini. Meski...