Minggu, 20 Jumadil Akhir 1435 / 20 April 2014
find us on : 
  Login |  Register

Qori Indonesia Juara di MTQ Internasional Maroko

Rabu, 09 Februari 2011, 09:18 WIB
Komentar : 0

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON - Qari Indonesia Deden Muhammad Makhyaruddin berhasil meraih juara satu kategori bergengsi lomba hafalan Quran 30 juz dan tafsirnya pada Musabaqah Tahfiz, Tajwid, dan Tafsir Al-Quran (MTQ) Internasional di Kairo. MTQ ke-6 yang memperebutkan Piala Raja Mohammed VI itu diselenggarakan di Casablanca, Maroko, kata Sekretaris III/Pelaksana Fungsi Pensosbud KBRI Maroko Rahmat Azhari dalam keterangan persnya London, Rabu (9/2).

Ia menyebutkan bahwa MTQ diikuti oleh 52 peserta dari 34 negara memperlombakan dua kategori, yaitu
tilawatil Quran dan hafalan Quran 30 juz dan tafsirnya. Dewan juri MTQ itu terdiri atas 10 hakim dari berbagai negara Islam, katanya dan menambahkan bahwa Indonesia mengirimkan delegasi yang terdiri atas tiga orang yaitu Syarifuddin Ahmad sebagai ketua delegasi, Deden Makhyaruddin dan Muhammad Siddik bin Syafii.

Usai pengumuman pemenang, Duta Besar RI Tosari Widjaja didampingi staf menerima delegasi di Wisma Duta dan menyampaikan ucapan selamat atas capaian yang diraih yang tentunya menambah harumnya nama bangsa

Indonesia. MTQ digelar dari tanggal 4 hingga 7 Februari 2011, Dubes RI Tosari Widjaja didampingi PF.
Pensosbud dan staf ikut menghadiri acara pembukaan bertempat di Masjid Hassan II Casablanca Maroko.
Menteri Wakaf dan Urusan Islam Ahmed Toufik membuka MTQ yang dihadiri Sekjen Majlis Ilmi A-la Maroko,

Gubernur Casablanca, ulama-ulama Maroko serta para duta besar negara muslim sahabat, para dewan juri dan
seluruh peserta musabaqah. Prestasi Qari Indonesia pada MTQ ini, adalah untuk yang kedua kalinya, setelah Qari Irham Dongoran berhasil meraih juara II untuk jenis lomba yang sama pada tahun 2010.

MTQ diselenggarakan atas intruksi Raja Mohammed VI yang pertama kali diselenggarakan pada tahun 2005 yang menghadirkan peserta dari negara-negara mayoritas penduduk beragama Islam, dan Indonesia selalu menerima undangan dan ikut serta setiap tahunnya.

Redaktur : Djibril Muhammad
Sumber : Antara
“Senyummu di hadapan saudaramu (sesama muslim) bernilai sedekah bagimu((HR. Tirmidzi dan Ibnu Hibban).)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar