Kamis, 24 Jumadil Akhir 1435 / 24 April 2014
find us on : 
  Login |  Register

Pemimpin Rabi Seru Yahudi Bersiap Bangun Kembali Kuil Solomon

Selasa, 08 Februari 2011, 18:31 WIB
Komentar : 0
Masjid Al Aqsa
Masjid Al Aqsa

REPUBLIKA.CO.ID,  JERUSALEM - Seorang Rabi terkemuka di Tepi Barat, pekan lalu menyeru agar Masjid Al Aqsa diambil alih dari warga Palestina demi mempermudah jalan penemuan Kuil Solomon dan pembanguan kembali tempat suci bagi pengikut Yahudi.

"Kita harus lindungi lokasi itu dan mengembalikan kepemilikan ke Israel. Bila kita tidak bisa membangun kuil di atas tanah itu dengan alasan apa pun, hukum agama tak akan membebaskan kita dari kewajiban yang sebenarnya mampu kita lakukan," ujar si rabi yang bernama Dov Lior dari salah satu permukiman Yahudi terdekat, Karyat Arba.

Dov dipandang sebagai pemimpin rabi di kawasan Tepi Barat. Yahudi mengklaim Masjid Al Aqsa dan Dome Rock telah dibangun di atas reruntuhan Kuil Raja Solomon (Nabi Sulaiman) yang suatu saat akan mereka bangun kembali.

"Meski kini kami tak dapat benar-benar membangun kuil tersebut, itu pasti tetap menjadi kewajiban kami untuk mempersiapkan diri pada saatnya ada generasi yang bisa membangun," ujarnya dalam kotbah Sabtu yang langsung disebarluaskan ke beberapa situs Yahudi.

Dov Lior juga mendesak pengikutnya untuk berupaya menggusur masjid, pertama-tama dengan jumlah kunjungan. Ia mengatakan kunjungan yang intens dan terus menerus akan mendorong pemerintah berpikir ulang dan menghentikan 'penentuan tempat itu dari tangan warga Palestina--yang dipandang Israel--penyabotase'.

"Raja David (Nabi Daud) bermaksud membangun sebuah kuil, namun ia diberi wahyu 'kamu adalah manusia perang, sehingga kamu tidak cocok untuk tugas ini'. Jadi ia pun mempersiapkan semuanya dan ketika tiba era Raja Solomon, ia membangun sebuah kuil. Sangat penting saat ini untuk menyelamatkan situs tersebut, paling tidak mengembalikan kepemilikan ke Israel," serunya.


Redaktur : Ajeng Ritzki Pitakasari
Sumber : Palestinian Information Center
'Ketahuilah, sesungguhnya bahwa malaikat tidak mau masuk ke rumah yang di dalamnya terdapat patung.(HR Bukhari)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar
  yudi Kamis, 15 November 2012, 12:48
sebentar lagi kebenaran akan datang,kekeliruan akan diluruskan,bangsa islam akan bersatu kembali memerangi zionis dan membenarkan sejarah dari kebohongan orang-orang kafir
  yudi Kamis, 15 November 2012, 12:48
sebentar lagi kebenaran akan datang,kekeliruan akan diluruskan,bangsa islam akan bersatu kembali memerangi zionis dan membenarkan sejarah dari kebohongan orang-orang kafir
  Deddy Cahyo Prakoso Minggu, 17 Juli 2011, 19:03
hebat kamu rabi israel teruskan perjuaanganmu
  ananantiilluminati Senin, 7 Maret 2011, 17:50
@Qurma
benar, di suatu hari nanti kita akan berperang bersama Imam Mahdi dan Isa a.s melawan org2 yahudi
  isnaini Kamis, 10 Februari 2011, 11:07
kerajaan nabi sulaiman tidak diwarisi sama siapapun...termasuk bani Israil...so tidak ada yg bisa menghancurkan masjidil Aqsa untuk kuil solomon...kalo itu dilakukan oleh Bani Israil tingga menunggu azab saja

  VIDEO TERBARU
MUI Harapkan PPP Islah
JAKARTA -- Internal Partai Persatuan Pembangunan (PPP) alami perselisihan. Akan hal tersebut, Majelis Ulama Indonesia (MUI) meminta PPP untuk segera melakukan Islah. "Pada forum...