Kamis, 24 Jumadil Akhir 1435 / 24 April 2014
find us on : 
  Login |  Register

Haa… Pulau Dubai Akan Tenggelam ke Dasar Laut

Minggu, 23 Januari 2011, 09:40 WIB
Komentar : 0
Dailymail.co.uk
Kepulauan The World
Kepulauan The World

REPUBLIKA.CO.ID,LONDON – Masih ingat dengan gugusan pulau buatan di Dubai, Uni Emirat Arab, yang dibentuk seperti ‘negara-negara’ di dunia sehingga menyerupai sebuah peta dunia. Pulau artifisial yang dibuat dengan menimbun laut dengan 100 juta meter kubik material pasir dan batu.

Pulau-pulau buatan yang disebut ‘Dunia’ (The World) karena memunculkan ‘negara’ baru dalam peta dunia itu kini terancam tenggelam kembali ke dasar laut. Ini bakal menjadi tamparan atas keangkuhan dan kerakusan pengusaha Dubai.

Krisis keuangan global menyebabkan pasar properti di Uni Emirat Arab mengalami kelesuan. The World, kepulauan buatan manusia yang dirancang menyerupai peta dunia, kini di ambang kehancuran. Beberapa pulau kini mulai tenggelam kembali ke dasar laut.

‘’Pulau-pulau secara perlahan mulai tenggelam kembali ke laut,’’ kata Richard Wilmot-Smith QC, pengacara Penguin Marine asal Inggris. ‘’Ada bukti erosi dan penurunan The World.’’

The World, yang dibangun satu setengah mil dari daratan, kini menjadi pulau kosong setelah para investor mengalami guncangan financial akibat krisis global. Sebuah perusahaan feri, yang melayani pelayanan antar dari pulau ke pulau, sekarang berusaha untuk menarik diri dari perjanjian kontrak dengan Nakheel selaku pihak pengembang The World. Perusahaan feri itu memilih mundur karena kelesuan ekonomi dan erosi pasir pulau.

Hanya satu 'negara', yakni Greenland, yang saat ini dihuni. Namun, Nakheel membantah tudingan Penguin Marine yang menyebut The World kini sudah ‘mati’. Perusahaan hanya mengakui bahwa proyek The World saat ini hanya 'koma'.

"Ini adalah proyek sepuluh tahun yang telah melambat," katanya. "Tapi, ini adalah proyek yang akan selesai."

 

Redaktur : Didi Purwadi
Sumber : Dailymail.co.uk
Rasulullah SAW bersabda:"Tidak akan masuk neraka orang yang shalat sebelum terbitnya matahari dan sebelum terbenamnya, yakni shalat subuh dan ashar."( HR Muslim)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar
  rifa hana Rabu, 9 Februari 2011, 16:06
argentina
  Muchlis Senin, 24 Januari 2011, 17:14
di Indonesia ada pulau artifisial seperti itu >>>> Coastarina di Batam, tapi ga tau sudah jadi belom
  sukhoi 150 Senin, 24 Januari 2011, 09:59
jadi pingin bikin puLau di Indonesia yang bebas korupsi dan kriminaLitas.. ngimpiiiii
  ISMABISA Senin, 24 Januari 2011, 09:59
Kepulauan artifisial yg diujud secara tambakan pasir & batuan diperairan Dubai, Uni. Saudi Arabia pasti runtuh, roboh & ditenggelami air. Faktor kelambatan membangun kawasan tambakan kerana kemelesetan ekonomi global menyebabkan hakisan ombak & menghanyutkan bahan tambakan, akhirnya menenggelam permukaan pulau.

  VIDEO TERBARU
MUI Harapkan PPP Islah
JAKARTA -- Internal Partai Persatuan Pembangunan (PPP) alami perselisihan. Akan hal tersebut, Majelis Ulama Indonesia (MUI) meminta PPP untuk segera melakukan Islah. "Pada forum...