Saturday, 6 Syawwal 1435 / 02 August 2014
find us on : 
  Login |  Register

George W Bush: Penjara Guantanamo Ibarat Surga Bagi Teroris

Wednesday, 10 November 2010, 01:55 WIB
Komentar : 0
Tahanan di Guantanamo
Tahanan di Guantanamo

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Mantan presiden Amerika Serikat George W Bush menganggap penjara Guantanamo yang khusus dibangun untuk menahan para tersangka teroris Alqaidah seperti sebuah surga. Berbagai fasilitas diberikan kepada para tahanan, melebihi yang diberikan kepada tahanan di penjara-penjara biasa di Amerika Serikat.

Dalam buku otobiografinya, Decesion Points, yang belum lama diluncurkan, Bush menggambarkan penjara Guantanamo sebagai surga. Alasannya, di penjara itu setiap tahanan diberi makan yang cukup, di tahan dalam sel yang bersih dan aman, diberi akses untuk menonton DVD dan ke perpustakaan.

Bagi presiden yang memerintahkan invasi tentara AS ke Irak dan Afghanistan ini, Guantanamo memberikan perlakuan yang manusiawi. Bush menulis, Guantanamo sudah memenuhi persyaratan konvensi Jenewa, meskipun para teroris itu dinilainya tidak berhak mendapatkan perlindungan yang berlebih.

Dalam bukunya itu, Bush juga menulis teknik interogasi waterboarding yang dikenakan ke tersangka teroris sangat efektif mengoreksi keterangan. Berkat teknik interogasi yang masuk kategori penyiksaan itu, ujarnya, pihak intelijen berhasil mengorek info penting dari tiga tersangka teroris mengenai rencana serangan di London. ''Waterboarding membantu mencegah serangan di Bandara Heathrow, Canary Wharf, dan sejumlah sasaran lainnya di Amerika dan di berbagai negara.''

Bush bersikeras teknik interogasi waterboarding tidak termasuk penyiksaan. ''Tidak diragukan lagi, prosedur itu memang sulit, namun para ahli medis meyakinkan CIA bahwa itu tidak ada salahnya digunakan,'' tulis dia. ''Aku tahu program interogasi ini sensitif dan kontroversial jika suatu hari diketahui publik.''

Reporter : Guardian
Redaktur : Budi Raharjo
Hadis riwayat Abu Musa ra., ia berkata: Aku pernah bertanya: Wahai Rasulullah, Islam manakah yang paling utama? Rasulullah saw. bersabda: Orang yang kaum muslimin selamat dari lisan dan tangannya. (HR Muslim)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Tren Arus Mudik Saat Arus Balik di Pasar Senen
 JAKARTA -- Pada H+3 Stasiun Pasar Senen tak hanya menerima arus balik. Geliat arus mudik di Stasiun ini masih cukup tinggi. Menurut Kepala Humas...