Kamis, 24 Jumadil Akhir 1435 / 24 April 2014
find us on : 
  Login |  Register

Amnesti Internasional: Taliban Pelaku Kejahatan Perang

Rabu, 11 Agustus 2010, 17:43 WIB
Komentar : 0

REPUBLIKA.CO.ID,LONDON--"Amnesty International", Selasa, menuding Taliban dan kelompok-kelompok perlawanan lain di Afghanistan melakukan kejahatan perang. Karenanya, Taliban dan kelompok perlawanan lainnya layak diseret ke pengadilan kejahatan perang, kata organisasi perlindungan hak azasi manusia dunia itu.

Amnesty International menuduh Taliban melakukan "pembunuhan sistematis" terhadap warga sipil Afghanistan.
Pandangan itu disampaikan Amnesty International menanggapi laporan PBB bahwa jumlah warga sipil yang menjadi korban kekerasan di Afghanistan naik sepertiga dalam semester pertama 2010.

Kelompok-kelompok perlawanan Afghanistan dituduh membunuh warga sipil tujuh kali lebih banyak dari pasukan internasional.Direktur Amnesty International untuk Asia Pasifik, Sam Zarifi, mengatakan, Taliban dan kelompok perlawanan lainnya terlibat dalam pembunuhan sistematis warga sipil.

"Menjadikan warga sipil adalah kejahatan perang. Jelas dan simpel," katanya. Rakyat Afghanistan menuntut keadilan dan berhak atas pertanggungjawaban dan kompensasi, katanya.

Redaktur : Krisman Purwoko
Sumber : ant/AFP
Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?((QS Ar Rahman))
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar
  jono Selasa, 21 Desember 2010, 13:12
apa yang disebut di atas tu benar kalee mas,, justru masyarakat nya tu yang kasihan,, setiap detik nya tu pazti ad aj yang di gantung klo di afganistan..ga cewek ga cowok.. di qisas di depan umum.. buset..klo lo yg bakal di eksekusi,, perasaan lo gmn mas...!!!
  pening aku Senin, 18 Oktober 2010, 22:48
Loh, amerika itu apa nggak mbahnya pelanggaran ham, kok gak di sebut, memang konspirasi kristen dimana-mana ya begini.
  aki Senin, 13 September 2010, 00:28
siapapun dan dengan alasan apa pun yang menentang amerika,dia itu pastilah penjahat.
  Aman Rabu, 11 Agustus 2010, 18:34
Politik "maling teriak maling," sebagai upaya untuk menutup-nutupi kejahatan sendiri.
Lalu apakah pemboman Nagasaki dan Hirosima tidak disebut sebagai kejahatan perang?! Pembunuhan2 masyarakat sipil di Irak, Afgan, dll oleh tentara AS... apakah itu bukan kejahatan dan pelanggaran HAM?!
  Aman Rabu, 11 Agustus 2010, 18:34
Para pejuang kita yang merebut kemerdekaan juga dulu disebut oleh penjajah sbg pemberontak, penjahat atau penjarah. Kepada dunia mereka teriak2 mengatakan ingin mencerahkan dan memakmurkan Indonesia, tapi kenyataannya mereka merampas dan memeras hak2 rakyat. Primitif-nya mereka mengulang2 kejahatan2 masa lalunya.

  VIDEO TERBARU
Tokoh Perubahan 2013, Inspirasi Indonesia
JAKARTA -- Republika menganugerahkan gelar Tokoh Perubahan 2013 kepada beberapa tokoh yang memberi inspirasi pada Indonesia. Untuk tahun ini tokoh yang mendapat gelar...